Iklan :

22 April 2011

Diferensiasi Product


Sebuah produk lahir tanpa diferensiasi maka akan mati secara perlahan. Apakah yang dimaksud dengan diferensiasi ? yang dimaksud diferensiasi adalah perbedaan diantara dua produk. Sebagai contoh adalah google dan yahoo merupakan dua raksasa yang besar didunia internet namun mereka jelas sekali nampak perbedaannya.



Jika kita bisa melihat berita dari Yahoo maka kita tidak dapatkan itu pada google, namun google mempunyai google map sedangkan yahoo tidak mempunyainya. contoh kedua adalah antara enervon c dengan fatigon, jika Enervon C terdapat B kompleks fatigon tidak mempunyainya namun secara keduanya merupakan suplemen. Lalu kita melihat kembali seven eleven dengan Circle K, Alfa dan minimarket lainnya.

Dari contoh - contoh yang saya berikan maka kita bisa melihat gambaran diferensiasi satu produk dengan produk yang lainnya. Jadi dasarnya mereka bukan sekedar asal mengikuti segemen pasar dan mempelajari kemauan pasar. Masih banyak orang yang mempunyai metode melihat meniru memodifikasi, hanya pada saat taraf modifikasi mereka tidak memasukkan kemauan pasar dan memprediksi kejenuhan pasar.

Mungkin seven eleven lebih memberi sarana bagi kaula muda untuk sekedar berbincang pada saat sepulang kerja guna menghabiskan waktu dari pada terkena macet dijalan dengan menyediakan tempat singgah yang lebih nyaman dibandingkan dengan Circle K. Namun lihat diferensiasi yang kedua dari segi segmen pasar, Seven Eleven mengejar remaja sedangkan Circle Komunitas.

 Diferensiasi yang ketiga ada beberapa produk yang seven eleven jual tidak bisa kita dapatkan pada circle K, dan masih banyak lagi menurut saya. Saya Sempat berjalan menuju seven eleven (sevel) untuk sekedar mengetahui tentang diferensiasi ini.

Kenapa Sevel sekarang lebih ramai dibicarakan orang dibandikan dengan Circle K yang sudah mulai dilupakan selain baru. Tinggal kita tunggu satu tahun kedepan apakah diferensiasinya Sevel dapat bertahan hingga tahun depan ? (kita lihat saja)

Maka disini saya bisa bilang bahwa faktor diferensiasi pada suatu usaha sangatlah penting, bacalah peluang namun jangan sekedar membaca untungnya uang. Bila kita merencanakannya dengan baik dan matang maka pasti akan menghasilkan pergesaran trend. Semoga artikel saya dapat berguna bagi pembaca blog saya.


Salam Kreatif Indonesia


@rie fabian


0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.