Iklan :

20 Maret 2011

Jangan menyesali masa lalu berbuatlah untuk masa depan


Masa lalu memang diciptakan untuk pembimbing kita untu masa depan. Masa lalu adalah guru sejati kita disaat kita membutuhkan jawaban untuk masa depan.


Jangan pernah menyesali masa lalu tapi berbuatlah untuk masa depan, karena hidup merupakan proses - proses yang artinya banyak proses yang diciptakan oleh hidup baik masa lalu ataupun masa depan. Saya selalu ingat tentang ucapan Om Saya bahwa impian merupakan rangkaian dari masa lalu. Jadi Jawaban masa depan itu ada dikesalahan dimasa lalu.

Waskita (selalu mawas diri) apa yang dikatakan oleh orang yang jauh lebih banyak umurnya, jauh lebih banyak pengalamannya dan jauh lebih luas wawasannya. berhati - hati dengan kritikan orang dengar dan resapi, bukan memarahi. Kita tak bisa bercermin atas kelakuan dan keputusan kita sendiri tapi orang lainlah sebagai cermin untuk diri kita sendiri. Tapi sayangnya cermin itu dapat bicara terkadang complain dengan kita but itu yang harus kita peka.

Mendengar kritik dari orang lain tidak seharusnya kita marah apapun pembicaraannya. selama kita diberi tahukan tentang kesalahan - kesalahan kita berarti orang tersebut sangat memperhatikan kita, walaupun banyak cara penyampaian orang yang terkadang membuat kita terskesan angkuh.

Setiap manusia mempunyai cara penyampaian yang berbeda - beda. Namun usahakan selalu ambil hikmah dari apa yang dia bicarakan kepada kita, sekalipun umurnya lebih kecil dari kita. Menurut saya Tuhan menyampaikan nasehat melalui mulut orang lain cuma terkadang kitanya yang kurang peka terhadap ucapan orang lain. Kesalahan kita yang bisa menilai cuma orang lain karena kita terlalu sibuk memikirkan langkah demi langkah.

Buat saya masa lalu memang di design sedemikian rupa untuk lentera kita mencapai masa depan jika kita konsis terhadap jalan kita maka kalau kamu selalu menulis tentang kesalahan - kesalahan masa lalu maka kamu sudah mempunyai kamus untuk mencapai masa depan. Mustahil kita tidak punya kesalahan, mustahil orang yang sukses sekarang tidak melakukan kesalahan dimasa lalu, karena itulah manusia tempatnya salah dan dosa.

Mari kita menyikapi masa depan dengan tidak menoleh kebelakang kembali (menyesali masa lalu) biarlah yang lalu menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk bekal dimasa depan. Yang terpenting adalah perubahannya bukan penyesalannya. ucapkan dalam hati satu kali menyesal dan selalu berusaha untuk berubah, thats my life.

Terima kasih telah membaca blog saya sampai sini, semoga tulisan saya bisa menjadi refrensi perubahan untuk hidup anda.


Salam Kreatif,



@rie fabian 


Reaksi Tulisan :

8 comments:

  1. Setuju sekali... Masa depan yang harus menjadi fokus pandangan kita... Seperti salah satu artikel di blog saya... Salam kenal :)
    http://aangadha.blogspot.com/2011/05/sekelumit-kisah-masa-lalu-spion-vs_01.html

    BalasHapus
  2. Terima kasih om .. iya terkadang banyak yang tidak menyadari bahwa hidup itu harus berani menyongsong masa depan.

    BalasHapus
  3. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    http://www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
  4. pas banget... mohon kunjungannya di Cuma Post

    BalasHapus
  5. tpi tanpa masa lalu hdup ktg seperti kerta kosong tak ada crita ,biarlah masa lalu menjadi acuan dn pelajaran buat menyongsong masa depan..karna masa lalu bkan hanya ada kegagalan tpi jg kebhagiaan.

    BalasHapus
  6. Benar sekali @yayank miela ..
    Tapi itu hanya untuk bahan evaluasi saja bukan untuk terus diratapi.

    Salam Kenal,
    @rie fabian

    BalasHapus
  7. Cuma Post >> Terima kasih yah ..

    @rie fabian

    BalasHapus
  8. Silahkan lewat om Agung ..

    @rie fabian

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.