Iklan :

24 November 2010

Hidup itu bukan sekedar kalah dan menang


Terlalu berambisi akhirnya bila masa itu tak pernah sampai akhirnya engkau putus asa. Hidup itu bukan sekedar kalah dan menang. Hidup itu adalah proses perjalanan menuju kepada tujuan. Menang dan kalah hanya merupakan simbol kalau engkau sesungguhnya sudah berhasil dan belum berhasil.



Ambisi di kota Jakarta ini sudah terlalu tidak sehat. Yang menggunakan berbagai macam cara untuk memperoleh kemenangan. sebenarnya apa yang didapatkan dari kemenangan yang sebenarnya bukan engkau yang memenangkan ?

Pada saat itu engkau hanya memutus tali proses dimana engkau harusnya merasakan proses yang telah berjalan tetapi engkau memotong proses tersebut, Seperti membaca Novel kalau Anda membaca halaman pertama lalu langsung loncat kepada halaman 13 maka anda tidak mengerti proses cerita oleh sipengarang.

Hidup sebuah perjalanan. Perjalanan mulai engkau merasakan belajar berjalan sampai belajar berlari. Pelajaran dasar ini sangat teramat penting. Proses anda berjalan mengajarkan banyak hal. Dimana Anda harus sabar mengulang kembali pada saat Anda jatuh, Anda harus menantang diri Anda kembali sampai Anda bisa tertatih berjalan, bahkan sampai Anda teriak lepas sambil bertanya kapan Anda bisa berjalan, Sayangnya ekspresi ini tidak mungkin bisa dikeluarkan pada saat anda dahulu kala belajar berjalan.

Jadi terlalu banyak orang yang salah mendefinisikan kemenangan. Mereka hanya terpaku kepada simbol - simbol kejayaan didunia. Saya hanya bisa share bahwa kegagalan itu adalah sebuah keberhasilan yang tertunda, merupakan semboyan yang terus menyemangati saya dalam berbuat sesuatu.

Ketika saya gagal saya merasa wajar karena saya adalah manusia yang selalu harus banyak belajar. Bahkan ketika berkali - kali saya gagal saya hanya berucap Tuhan sungguh baik ingin mengingatkan saya berkali - kali kepada pelajaran ini.

"Hidup merupakan refleksi hari esok". Apa yang terjadi hari ini pasti akan menimbulkan dampak yang akan terjadi 5 tahun kedepan. Ingat kejadian sekarang catat dan terus ingat. Buka kembali 5 tahun kemudian dimana Anda bisa melihat embrio keberhasilan Anda merupakan apa yang Anda catat lima tahun silam, Saya sering mendapati itu. Persoalan yang susah saya sering catat pada satu buku yang saya namakan buku bermasalah.

Pada suatu ketika saya tidak memikirkan masalah itu lagi maka akan timbul jawaban dari masalah yang pernah saya tulis dibuku bermasalah tersebut. Makanya saya bisa bilang Hidup merupakan refleksi hari esok.

Yang terpenting dari hidup adalah Anda dapat berdiri tegak sebesar apapun masalah didepan Anda. Anda dapat tegar berjalan sesedih apapun skenario yang sedang Anda perankan dan Anda dapat mengingat kita harus berbagi sebagaimana Anda mengingat diri Anda pada saat belum berhasil dulu. Maka dari itu Hidup bukan sekedar kalah dan menang.

Hidup adalah belajar, hidup adalah melihat, menyaksikan dan meletakkan kaki anda selalu maju kedepan. masa lalu dibuat agar anda bisa mengevaluasi jalan Anda. Masa esok dibuat untuk dapat menantang Anda. Jadikanlah diri Anda berguna bagi manusia disekitar Anda, Jadilah manusia yang mengerti akan kesusahan manusia disekitar Anda dan jadilah manusia yang mampu berbagi dan memberikan pengertian kepada pihak yang kalah bahwa anda pernah merasakan seperti dia dan mampu membuat mereka berbesar hati dan bangkit untuk jadi pemenang pula seperti Anda. Mari kita hangatkan kembali Bumi kita yang sudah terlalu panas ini dengan Ambisi - ambisi duniawi, dan ingat selalu hidup ini bukan persoalan kalah dan menang.






@rie fabian
24 November 2010


0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.