Membuat konsep design untuk sebuah acara harus memang melihat beberapa aspek dari acara itu sendiri. Biasanya kebutuhan sebuah design untuk sebuah acara membutuhkan beberapa tarikan dari rangkaian acara tersebut.
Logo Event merupakan logo yang dibuat hanya untuk event berlangsung, jadi jika mana event tersebut stop (hanya satu kali rangkaian) maka logo tersebut sudah tidak digunakan kembali. Filosofi Logo Sebuah event juga biasanya tidak terlalu ngejlimet seperti membuat logo untuk perusahaan tapi bukan berarti ini sembarangan harus mix and match dengan tarikan event nya.
Seperti logo yang saya buat untuk Dblogger Reaction untuk acara ulang tahun Dblogger pada tahun 2010 lalu. Pada saat itu sang Maestro Senior dblogger Event Eyang Anjari dan Matahari Timoer ingin membuat logo event untuk sebuah event. Maka kita harus tahu apa yang ingin diusung untuk temanya.
Ketemu kata dblogger re Action yang mempunyai makna Care and Action yang menjadi ambiguitas juga adalah Reaction itu bisa diartikan kembali beraksi maka saya memberikan unsur panah sebagai tanda kebangkitan dari reactionnya. Dan simbol bloggernya saya mengambil dari logo dblogger yang sudah ada lalu ditambahkan senyuman pada double g nya agar mengesankan keramahan dari blogger itu sendiri.
Lalu saya pelajari rundown dari acaranya yang berhubungan dengan Ditlantas ada rangkaian acara safety ridding dengan tema membagikan helm ke sekolah-sekolah maka saya berikan unsur kuning sebagai awarness dari rangkaian acaranya dan sedikit ornament dari rambu lalu lintas yang saya ambil untuk rangkaian layoutnya.
Design lainnya yang dibutuhkan untuk media promosi acara adalah, e flyer, Roll Up Banner design, Screen Projector akhirnya saya ganti dengan Video layout untuk diputar diacara hari H pada L.E.D Gandaria City dan design untuk Merchandise.
Gambar disebelah ini adalah gambar publikasi event yang di promosikan oleh majalah market Plus. Waktu itu kebetulan mereka memang bekerja sama dengan Market Plus jadi bundling event nya space pada majalah itu.
e flyer adalah flyer berbentuk digital yang dipublikasikan lewat jaringan sosial media bertujuan untuk publikasi event juga. Inilah fungsi Print ad yang lintas media seperti yang ada pada postingan saya sebelumnya.
Jadi memang harus difikirkan secara matang akan kebutuhan dari publikasi sebuah acara ini. Yang paling terpenting adalah buat themes nya dulu agar antara satu media publikasi dengan media lain masih terlihat satu kesatuan (unity) bukan terpisah.
Design publikasi lainnya adalah :
Design Publikasi untuk opening Movie at Gandaria City
Team Fabian yang masih mengerjakan editing di sebelum opening event
Kebutuhan design untuk pembuatan kaos acara, ini bisa dikatakan wajib.
Roll Up Banner Design
Design Merchandise Event (pin)
Design Name Tag Event
Design untuk keperluan Movie screen Projector L.E.D
Design untuk Shopping Bag
Design e-flyer
Design untuk Publikasi Majalah
Yah seperti itulah kira-kira kebutuhan design untuk sebuah event. Lihat turunan logo yang dibuat pada shopping bag. Memang sudah harus difikirkan pada saat pertama kali membuat logo do and dont nya. Bicara masalah turunan sudah merupakan kemudahan pada saat running event tinggal adjusment pada media. Yang terpenting adalah kita mengerti lintas media nya.
Yah tersulit adalah bagaimana mengemas pertama kalinya dari mulai logo sampai sebuah masterpiece dari komposisi layoutnya. Itu memang harus benar-benar difikirkan.
Selamat berkreasi,
@rie fabian.
0 comments:
Posting Komentar
Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.