Iklan :

27 Juni 2011

Konsep yang difikirkan


Konsep tempat yang sangat menarik akan menimbulkan rasa nyaman bagi pengunjung. Jangan anda ber anggapan bahwa yang perlu membuat tempat yang bagus hanya untuk resto besar sebesar Hokben dan Mc D. Saya berjalan didaerah kebon Jeruk Jakarta Barat, disana saya melihat keseriusan mereka dalam membangun kenyamanan pagi para tamunya.

Saya melihat sebuah kesatuan konsep yang dibangun oleh sang pemilik usaha, mulai dari tembok yang diberi warna hijau putih dan diberikan aksesoris kemasan dan rak pemajang kemasan tersebut. Dilanjutkan dengan Lemari berwarna hijau dan seragam karyawan yang menggunakan warna Hijau. Jika kita melihat seperti ini merupakan kita melihat satu keseriusan bagi sipemilik usaha untuk membuat satu kesatuan konsep.

Yah yang jelas dengan begini akan mengeluarkan sedikit lebih banyak dibandingkan dengan satu konsep usaha yang biasa - biasa saja, tapi satu hal yang harus difikirkan adalah kenyamanan dari para pelanggan anda jauh lebih mahal dibanding dengan harga catnya sendiri. Satu hal yang tidak boleh kita lupakan tempat makan bukan hanya sekedar makan dan pulang tapi harus dimengerti kemauan dari pelanggan saat ini dimana jika kita ingin ketempat makan adalah yang nyaman dan bisa mengobrol - ngobrol dengan teman - teman kita. Jadi jika tempat kita tidak nyaman maka para pelanggan pun enggan mendatangi tempat anda kembali.

Setelah anda berhasil membangun sebuah image yang nyaman juga tidak boleh dilupakan dari faktor kenyamanannya sendiri. Seperti seorang pelayan yang mampu berinteraksi dengan pelanggan - pelanggan kita. Tidak mencari seorang pelayan yang jutek / judes karena ini akan menjadi membosankan. Jadi kita memang harus pandai - pandai memberikan kenyamanan untuk pelanggan kita. Standardnya adalah kenyamanan itu sendiri jika ingin ditambahkan kembali dengan unsur - unsur lain itu bisa menjadikan uniq anda sendiri.

Tempat makan sudah menjadi trend dan style dari para pelanggan kita. Semakin unik kita masuk kedalam rumah makan tersebut semakin bangga ia akan memberi tahukan kepada teman - temannya bahwa dia menemukan tempat yang enak untuk makan kepada teman - temannya. Setelah tempat baru rasa dari makanan anda dan yang paling belakang kalau untuk saya pribadi adalah mempunyai kamar kecil. Jadi jika pelanggan ingin minum dalam jumah banyak mereka tidak takut karena tempat makan tersebut mempunyai kamar kecil.

Bagaimana dengan konsep usaha anda ? sudah difikirkan kah ? Jangan nunggu nanti karena sekali anda tidak menarik para pelanggan anda maka pelanggan anda hanya satu kali saja berkunjung ketempat anda. Selamat berkreasi ...

@rie fabian

2 comments:

  1. Bisa menjadi inspirasi nih,,
    Belum punya usaha yang pas, tapi konsep dr tulisan ini sudah bisa diterima. Kemasan dan tampilan membawa pesan pada produk kita gitu ya??

    BalasHapus
  2. Terima kasih mas ... saya siap membantu ...

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.