Iklan :

11 Juni 2011

Inovasi Strategi dari Esia


Pada saat kompetitornya berbicara tentang chatting dan facebook, lagi - lagi esia meng endorse sebuah game kedalam ponsel miliknya. 


Ini merupakan hal yang sangat jitu menurut saya. Jika kita lihat pengguna facebook di Indonesia sangatlah banyak. Dan yang bermain games difacebook juga tidak kalah banyak. Game menjadi alasan satu - satunya kenapa kita menunggu tidak bosan. kita bisa mengamati strategi ini untuk pola pengembangan dari salah satu bentuk inovasi produk.

Prediksi gadget ini sangat menggiurkan karena dengan berbandrol harga dibawah 500 ribu sudah hampir bisa menggantikan fungsi PSP sebagai gadget untuk para gamers.

Sungguh jeli para pengembang dari produk esia ini melihat celah yang ada. Beberapa gamenya juga tidak main - main. Kalau saya lihat dari luarnya dan bentuk promosinya pastinya gadget ini berbasis java karena kalau dilihat dari tampilan - tampilan games nya terlihat seperti game - game java jaman dahulu generasi nokia 6600. Caranya memisahkan diri dari kompetitornya sungguh elegan menurut saya dengan mencari differensiasi yang kuat.

Disamping games produk ini juga dilengkapi dengan tombol yang qwerty standard bagi user pada jaman sekarang ini. Keyboard qwerty pada ponsel tiba - tiba digemari oleh para pecinta ponsel karena diawali dari blackberry. Dan sebagai catatan salah satu kekurangan dari blackberry adalah tidak mempunyai banyak game didalam aplikasinya, dan ini pasti jadi bahan pertimbangan dari pengembang ponsel esia ini (bakrie group).


Yah kita tinggal tunggu saja apakah benar prediksi saya atau meleset.
@rie fabian

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.