Iklan :

19 Mei 2011

Sebuah Neonbox


Yap yap yap ... ketemu lagi dengan saya, si @rie fabian yang ingin share - share tentang neonbox sekarang. Jaman dahulu sebuah nama workshop atau toko sering diwakili oleh sebuah spanduk. Sekarang ini spanduk semakin remittance dan tidak tahan lama yang membuat sangat banyak mengeluarkan cost karena sering sobek.

Maka walaupun tidak tergolong baru sekarang beberapa toko retail menggunakan neon box untuk mewakili nama dan kegiatan apa yang dikerjakan oleh kantor/workshop/toko itu sendiri. Dengan begitu orang yang berada dijalan depan toko anda mengetahui karena adanya informasi yang anda sampaikan melalui media neon box itu.

Sesuai dengan namanya neon box adalah sebuah box yang diberikan neon. Adapun fungsinya sebagai penyampai informasi untuk kalangan orang yang lalu lalang disekitar toko Anda. Maka sesuai dengan fungsinya maka sebuah neon box harus bisa mewakili product yang disajikan di toko anda maka secara design harus memberikan tampilan yang jelas dan ringkas karena jika benda tersebut berada di pinggir jalan dibaca oleh orang yang sedang berkendara yang notabene nya harus dalam waktu cepat harus dapat membaca pesan yang ingin anda sampaikan. Beberapa hal yang penting yang sangat diperhatikan adalah jenis huruf dan besar huruf harus diperhatikan, untuk tekhnis design lebih lengkap lagi akan saya berikan di neonbox part II, karena disini saya ingin menjelaskan beberapa materi produksinya.

Untuk membuat sebuah neon box harus diperhatikan secara bijak antara biaya, ketahanan dan keamanannya sendiri dari neon box tersebut. Bayangkan jika kita memproduksi asal - asalan bilamana itu rubuh maka akan memakan korban yang berada dibawahnya itulah faktor keamanan harus difikirkan juga. Secara visual ada 2 jenis pilihan bahan untuk neonbox, yang pertama adalah menggunakan flexy, Penggunaan bahan fleksi ini biasanya digunakan untuk neonbox yang berada diluar ruangan/toko. Kenapa harus menggunakan fleksi ? Dikarenakan bahan fleksi ini diproduksi oleh mesin digital printing outdoor yang mempunyai kekuatan tinta yang dapat bertahan lama karena ada unsur solventnya pada campuran tinta. Semakin bagus mesin digital print dan tintanya maka akan semakin lama pula visualnya bertahan diatas sana. Yang kedua adalah menggunakan bahan Duratrans. Bahan duratrans ini mempunyai kelebihan hasil akan sangat bagus jika dilihat dari jarak pandang yang dekat, maka visual yang menggunakan bahan duratrans sangat bagus dan ideal digunakan untuk didalam ruangan. Loh apa gunanya neonbox yang berada didalam ruangan ? Neonbox yang berada didalam ruangan berguna sebagai visualisasi aksen dari sebuah produk atau sering pula digunakan untuk menguatkan produk. Branding itu bisa didalam ruangan loh ? Contoh didalam ruangan mall, iya kan ?

Setelah bahan kita selesai memilih kita bisa melihat sebuah konstruksinya. Akan kita letakkan dimanakah neonbox tersebut ? Diluar kah atau ditempelkan didinding toko kita. Inipun harus dipertimbangkan dengan seksama. Karena jika harus menempel dengan dinding kita bagaimana tentang kekuatannya ?, Di jakarta ada banyak penyedia jasa pemasangan saja kok jika ragu anda bisa menggunakan jasa mereka yang memang sudah biasa membuat dan merencanakan konstruksi tersebut. Jika memang diletakkan diluar kita harus mengukur berapa ketinggian neonbox tersebut, yang harus ditopang oleh single pole atau double pole (Pole = kaki dari neonbox tersebut). Tingkat ketinggian dengan tingkat kedalaman harus terukur agar tidak goyang disaat ada angin kencang. Saya pernah bertanya kepada para pemasang konstruksi di Jogjakarta yang mereka katakan orang yang memasang billboard di Jakarta mah jago - jago mas estimasinya ? ", kata mereka. karena mereka mengatakan angin dijakarta itu sangat kencang - kencang bilamana menmbuat estimasi sembarangan resiko billboard itu rubuh besar sekali. Maka hitung dengan benar antara kedalaman dengan ketinggian.

Setelah selesai untuk urusan lampu dan balas biasakan menggunakan philip (bukan promosi) tapi ini testimoni saya memasang billboard/neonbox/neon sign sanagt tidak mengecewakan menggunakan produk tersebut. Lampu itu digunakan untuk penerangan visual anda jika malam hari, hitung dengan benar berapa lampu yang dibutuhkan untuk menerangi visual anda. Jika terlalu banyak maka anda harus fikirkan membayar listrik nya karena itu akan anda tanggung selama neon box itu terus menyala.

Setelah lampu selesai tinggal frame yang anda fikirkan. Mau menggunakan frame almunium Profile, Stenlees steel, atau plat. Almunium Profile jika anda melihat neonbox yang frame nya bergaris - garis dari almunium itu menggunakan almunium profile namanya. Jika Anda melihat sebuah neon box dengan frame yang berwarna maka itu menggunakan besi Plat, dan jika frame neon box itu bisa buat kita mengaca itu pasti menggunakan Steenles Steel. Harga yang termahal pertama adalah menggunakan stenlees steel. Jika anda menggunakan bahan Stenlees steel pasti anda harus siap mengeluarkan kocek yang lebih karena agak - agak mahal. Kelebihan menggunakan stenlees steel adalah anda akan mendapatkan hasil yang ekslusif karena bagus dan elegan menurut saya.

Setelah itu baru anda perhatikan dengan bijak bentuk dari neonbox itu sendiri. Bentuk yang custom membuat anda lagi - lagi mengeluarkan budget tambahan karena custom. Seperti bilamana anda ingin membuat neon box dalam bentuk bulat itu adalah custom karena Standard sebuah neon box adalah kotak.

Demikianlah hemat saya dalam memikirkan sebuah produksi untuk pembuatan neon box jika ragu anda bisa konsultasikan kepada orang yang memang berpengalaman dibidangnya. Jangan coba - coba jika anda bermain dengan konstruksi karena salah akan berakibat fatal. Semoga artikel saya ini dapat bermanfaat, untuk masalah designnya saya akan jelaskan di Part II.

Terima kasih.

@rie fabian

2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.