Iklan :

11 Mei 2011

Software-software pembuat gambar


Ada beberapa software pada saat sekarang ini untuk membuat gambar atau artwork bahkan ada banyak pula yang terjebak pada software - software tertentu yang akhirnya membuat satu ide menjadi tidak berkembang, maka dari itu harus mulai mempelajari karakter - karakter dan kegunaan software itu sendiri agar kita dapat mencapai tujuan yang ingin kita capai jangan terjebak ketika anda melihat trend yang sedang berkembang dan anda bersusah payah mempelajari itu padahal anda bisa mengganti dengan software yang lain. Yah perlu di ingatkan terlebih dahulu software itu hanya tools untuk mebantu bukan penggagas terciptanya satu artwork, ide andalah yang sebenarnya lebih penting dari sebuah software itu sendiri, namun jika anda bisa mengetahui karakter dari software itu sendiri maka akan dapat memudahkan anda dalam bekerja untuk menciptakan sebuah artwokrk. Baiklah saya akan jabarkan beberapa spesifikasi nya :

1. Vektor Software

Vektor software adalah sebuah software untuk membuat sebuah objek yang mudah diresize. Pada dasarnya software ini membentuk gambar dari garis tidak seperti pixel. Jadi dengan menggunakan vektor software ini akan membuat anda menjadi lebih mudah dalam membuat sebuah logo, gambar berukuran besar, dll. Untuk membuat gambar yang berukuran besar pada software ini biasanya menggunakan skalanya saja, karena pada saat ingin diproduksi gambar ini bisa ditarik sebesar yang diinginkan. Yang termasuk keluarga dari vektor software adalah : Adobe Ilustrator, Corel draw, Makromedia Freehand, 3 software ini merupakan jawaranya. Standarisasi vektor software adalah ketiga software ini, jika ada yang lainnya dishare ke saya yah.

2. Digital Image Software

Saya mmeberi nama Digital Image Software karena sesuai dengan fungsinya. Fungsinya software ini untuk membuat sebuah artwork digital image. Banyak pula beberapa designer hanya menggunakan software ini saja dalam membuat satu artwork, itu sah - sah saja tinggal gimana pencapaiannya saja. Gambar yang dibuat oleh software digital image ini adalah gambar yang terdiri dari pixel - pixel, yang mempunyai resiko pecah (kerapatan dari pixel sangat sensitif). Jadi kalau kita mau aman menggunakan software ini gunakan ukuran yang real size untuk sebuah artwork design usahakan jangan menggunakan skala apalagi skala yang begitu jauh untuk ukuran aslinya, karena berdampak kasar pada saat diproduksi nanti. Keluarga dari digital image software adalah : Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Photo Impact, dll. Standarisasi dari software Digital image adalah 3 software tersebut diatas.

3. 3D Animasi Software design

Sesuai dengan fungsinya software ini bertugas membuat sebuah artwork 3D dan banyak digunakan untuk animasi. Kelebihan dari software ini mampu membuat detil gambar yang sangat mendekati aslinya, karena mempunyai tekhnik mapping yang sempurna. Jika anda melihat sebuah iklan ditelevisi yang gambar itu hampir serupa dengan aslinya maka gambar tersebut diciptakan lewat software ini. Jenis dari 3d animasi software adalah : Autodesk 3D max, Autodesk Maya, Houdini, Cinema 4D, dll. Standard animasi dunia sekarang sudah jatuh ditangan software houdini yang mempunyai visual effect yang sangat luar biasa.

4. 2D animasi Software

Jika tadi kita bicara 3d sekarang kita membicarakan software untuk membuat 2d animasi. 2d animasi software ini biasanya juga bisa digunakan untuk membuat iklan - iklan pada media online di website, seperti Banner animasi, headline animasi, dll.Fungsi utama dari 2d animasi software ini untuk membuat film animasi kartun 2d. varian dari 2d animasi software adalah : Adobe flash, Adobe image ready, dll.

5. Cad Software

Cad software ini berguna untuk membuat satu perencanaan sebuah ruang atau bangun. Cad software ini ditujukan kepada arsitek agar dapat mempersingkat kerja mereka pada sisi perencanaan. Cad software diciptakan khusus untuk perencanaan saja, karena dalam finalisasi pekerjaan nantinya tetap membutuhkan software 3d untuk membuat visualisasi. varian dari cad software adalah : Autocad, Archi cad, dll.

5. Motion grafis dan editor video software

Motion grafis adalah satu pekerjaan dimana sang designer hanya membuat animasi - animasi tambahan saja atau sering disebut visual effect animasi. Motion grafis ini merupakan pekerjaan yang banyak kita temui pada stasiun tv. Yap , visual effect pada televisi lokal kita sudah lumayan mumpuni dan bagus - bagus ini karena sekarang designer - designer lokal sudah banyak yang menguasai dunia motion grafis ini. Varian software nya ada : Adobe after Effect, adobe Primer, Final Cut Pro, Avid, dll.

Nah temui deh mana yang anda ingin perdalam sesuai dengan harapan yang ingin kita tuju. Jangan terlalu banyak mempelajari software bisa - bisa kita hanya terlalu ribet dalam mendalami semua software. Ambil salah satu saja yang lainnya akan sama prinsip kerjanya. Jadi tentukan deh mana saja yang ingin anda pelajari dan selamat mempelajari.

@rie fabian

6 comments:

  1. artikelnya bagus akan lebih bagus lagi kalau ada tutornya :)

    BalasHapus
  2. wah, info yang bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  3. Thanks atas sharingnya brother

    BalasHapus
  4. Budayangeblok >> saya senang sekali bila bisa bermanfaat ..

    BalasHapus
  5. Anonim >> wakakakakaka untuk tutor saya akan fikirkan kembali.

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.