Iklan :

14 Mei 2011

Anda sedang terhipnotis


Dengan berceloteh tentang go green masing - masing mini market menawarkan sebuah shopping bag dengan menggunakan bahan Canvas dan menggunakan unsur - unsur dan icon dari go green itu sendiri. Dimana teerhipnotisnya ? Yah seakan - akan anda tidak sadar membawa brand minimarket tersebut setiap hari, Anda mengkampanyekan sebuah brand minimarket tersebut.

Ini sudah bagian dari strategi marketing mereka memang untuk Program promosi yang berbentuk sosial, peduli akan lingkungan, dsb. Tapi yang ajaib anda mau membeli sebuah tas berlabel supermarket tersebut dengan membeli pula.

Seharusnya barter yang seimbang adalah ketika anda berbelanja lebih dari 200 rb akan mendapatkan tas ini, karena ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Sang Market akan mendapat keuntungan karena logo dia akan dibawa - bawa kemanapun dia pergi dan si pembeli akan mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan hadiah dari market tersebut.

Yah inilah yang pola marketing yang mulai berubah dan bergeser perlahan - lahan karena sekarang kita harus mengaitkan dengan program - program sosial atau yang sering disebut Program CSR. Sebuah brand harus ditanam kedalam otak konsumen bukan lagi hanya terus - menerus dengan program diskon.

Sudah banyak yang tidak peduli dengan kata - kata diskon seakan sudah tidak sakti kembali kata - kata itu. Pada jaman dahulu kata - kata diskon sangat jarang malah sekarang hampir setiap toko atau resseler membuai konsumen dengan kata - kata diskon yang pada klimaksnya sang konsumen tidak begitu peduli.

Anda melihat harga Rp. 20 - 30.000 membeli souvenirnya sebuah minimarket untuk anda itu masuk akal, padahal kalau kita mau membeli gula pasir aja beda Rp. 250 rupiah anda akan berpindah agama (merk).

Makanya yang terbaik anda menjadi seorang yang smart dalam berbelanja. Anda melihat faktor lain bukan hanya harga. Jaga dan kondisikan sebelum berangkat kita sudah mengetahui barang apa saja yang kita beli.

Jangan salah memaknakan judul saya diatas, saya tidak berbicara anda tertipu tapi terhipnotis, karena kita sering lihat pemberitaan tentang go green begitu kita melihat shopping bag itu mengusung tema go green maka jika anda mempunyai jiwa yang sosial akan membeli shopping bag itu.

Dan untuk yang memiliki usaha - usaha kecil harus pandai - pandai membaca situasi seperti Trend, Berita, Politik dan lainnya. Jangan terlalu idealis jika anda sedang berjualan katakanlah anda sedang berjualan.

Namun beberpa hal yang harus diingat katakan berdagang juga terkadang harus menggunakan susunan komunikasi yang baik dan cepat sampai di hati konsumen anda, itu bisa membantu anda promosi. Semoga artikel saya ini dapat bermanfaat untuk pembaca blog saya, terima kasih.

@rie fabian

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.