Iklan :

27 April 2011

Tips Membuat Design Untuk X Banner


Berikut saya ingin sharring untuk pembuatan design pada media X Banner yang berukuran 60 x 160 cm. X Banner mempunyai 2 ukuran yaitu 60 x 160 cm dan 25 x 40 cm (mini Banner). Untuk membuat design untuk X Banner kita harus memperhatikan beberapa area agar tidak terjadi kesalahan yang fatal. Yang pertama kita harus memperhatikan safety area yaitu pada area atas dan bawah banner. Kalau memang ada informasi yang ingin dibuat untuk dibaca kepada audiens maka jangan meletakkan informasi tersebut pada bagian atas disafety area. Karena selalu diingat X Banner mempunyai 4 lubang yang berada pada pojok kanan - kiri atas dan bawah untuk dimasukkan kedalam rangka, maka dari itu takut bilamana informasi tersbut terlalu panjang akan terpotong pada bolongan yang berada pada bagian kanan dan kiri pojok - pojok X Banner.

Yang kedua adalah, Image area yang dimana image area diberikan sejajar kepada jarak pandang mata pembaca agar dapat langsung ditangkap oleh audiens. Begitu Image tertangkap mata audiens maka langsung sajikan Text atau informasi yang ingin disampaikan agar langsung terbaca oleh Audiens. Ingat arah mata membaca dari kiri ke kanan dan dari atas kebawah.

Pada bagian tengah agak kebawah yang berwarna hitam jarang ada audiens yang mau membaca sampai bagian itu kecuali memang dibuat satu informasi yang bersambung sampai dibawah atau informasi yang berkesinambungan seperti contoh, Acara pagelaran seni dan tanggal dan waktu nya dibawah pasti akan disearch oleh mata pembaca.

Untuk bagian lainnya standard, memberikan warna yang menarik, memberika typografi yang tidak susah dibaca dan membarikan layout yang tidak membosankan. Bayangkan anda pembaca sajalah bagaimana jika anda datang kesebuah mall dan mana X Banner yang menarik menurut anda ? Yah seperti itulah kira - kira kita membuat tatanan layoutnya. Samakan dengan teman anda perspektif bagus anda, Jika banyak orang yang seperspektif dengan anda berarti memang pandangan bagus anda tentang banner itu memang bagus dan mulailah buat seperti itu.

Tapi satu yang diingat, X banner juga merupakan membaca rally walau tidak secepat dengan billboard dan signbox, namun X banner juga merupakan salah satu media yang dibaca sambil berjalan jadi berikan langsung point yang menarik, gambar yang menarik dan kata - kata yang mudah dibaca minimal bisa membuat orang itu berhenti untuk membaca sejenak.

Jika ada yang kurang mohon ditambahkan.


Salam Kreatif, 



@rie fabian

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.