Iklan :

2 Mei 2014

Kereta Api Sangat Niat Mengubah Pelayanannya


Jujur ini adalah apresiasi saya terhadap PT. Kereta Api Indonesia, dimana saya diberikan kemudahan dalam proses "dilayani" oleh PT. Kereta Api Indonesia. Dan jika mau berkaca untuk usahawan BUMN yang lainnya, inilah cerminnya. Kejadian itu tidak terlepas dari kemauan dan niat berubah untuk terus memperbaiki dari waktu kewaktu. 


Lebaran memang disadari dengan benar oleh PT. Kereta Api Indonesia ini, dimana hampir separuh warga Jakarta akan melakukan ritual tahunan yang dilakukan pada saat hari raya Lebaran itu sendiri. Dan memang evaluasi yang dilakukan oleh PT Kereta Api memang bisa dikatakan berhasil pada tahun ini. Dimana akhirnya mereka dapat melayani permintaan seputar pemesanan tiket yang diminati untuk ritual pulang kampung disetiap tahunnya. 

Proses pembelian tiket pada saat ini jelas satu titik cerah bagi semua perusahaan milik negara untuk mengatasi masalah diseputaran calo. Tiket kereta api dapat dibeli melalui online dan pelayanan 121 milik Kereta Api ini memang tidak setengah-setengah. 

Mulai dari urutan proses pemesanan yang harus memesan tiket via online, sampai dengan kerjasama dengan antar bank untuk pembayaran menurut saya ini luar biasa sekali. Pertama saya salut akan pengerjaan yang sangat detail sekali dalam pembuatan Flowchart untuk program pemesanan yang dibuat oleh PT. KAI ini. 

Saya pesan menggunakan Online dan disana tertera pembayaran dilakukan melalui bank dengan cara transfer dan kita diberikan nomer untuk dimasukkan diatm Bank yang ditunjuk. Setelah proses membayar saya masih bingung, karena Atm tempat saya membayar tidak mengeluarkan struk pembayaran. 

Lalu saya telp ke 121 untuk menceritakan permasalahan ini. Dengan mudah sang operator mengarahkan saya cara mendapatkan print out yang saya butuhkan untuk nantinya ditukarkan dengan tiket yang akan digunakan hari raya mudik nanti. 

Kejadian itu sangat berkesan buat saya, biasanya dimana pelayanan yang seperti ini sangat dibutuhkan oleh konsumen. Tidak bertele-tele, sigap dan mengerti alur dari permasalahannya. Hal yang membuat saya kagum lagi adalah, ketika seluruh orang melakukan proses e-ticketing mereka, server mereka masih baik-baik saja. Ini pertanda mereka memang sudah mempersiapkan beberapa kemungkinan-kemungkinan akan tertundanya pelayanan tersebut. 

Memang untuk sisi programmingnya sendiri masih ada satu kekurangan (menurut saya orang awam). Dimana ketika kita sudah selesai mengisi form nama calon penumpang dan beralih keproses cara pembayaran jika saya back maka masih ada history yang lama. Tapi saya tidak mnegerti dampaknya, apakah ini bisa membuat menjadi pembayaran ganda atau pemesanan tiket dengan nomer kursi yang sama atau tidak coba kita lihat saja nanti. 

Selamat untuk PT. Kereta Api Indonesia, semoga yang lain bisa mencontoh dari majunya pelayanan yang diberikan oleh PT. KAI ini. Inilah yang saya bilang kalau kita niat dan mau harusnya bisa, apalagi kalau kita melihat anggaran yang dimiliki oleh semua BUMN Indonesia ini, harusnya secara material mereka tidak memiliki masalah untuk mengubah pelayanan mereka. 


Salam Kreatif, 




www.fabianstudio.biz








0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.