Iklan :

18 Juli 2013

Behind the Scene Tobi Identity


Membangun Logo bukan satu hal pekerjaan yang mudah. Karena logo merupakan sebuah symbol semangat dari sebuah usaha ataupun perusahaan. Fabian Studio diberikan pekerjaan dimana kita diminta untuk membuatkan logo untuk jenis usaha Photography. Maka yang pertama kali kami lakukan adalah mendengar sebuah semangat, cerita dan latar belakang usaha itu dibuat. 


Didirikan memang belum lama oleh tiga orang anak muda yang penuh dengan kreatifitas. Dimana ketiganya memang berkumpul dikarenakan satu motivasi yang sama yaitu fotografi. Nama yang mereka usung adalah Tobi. 

Asal muasal nama tersebut diambil dari salah satu tokoh film kartun Naruto yaitu Tobi. Kenan Fabian kebetulan nyambung menyingkap permasalahan film kartun yang satu ini. Maka akhirnya Kenan pun dapat berbicara nyambung seputaran film tersebut. 

Tobi memiliki kelebihan memindahkan orang kesebuah dimensi yang berbeda, itu yang mereka gunakan dalam semangat fotografinya. 

Lalu bahan yang pertama yang saya ambil adalah melihat dari tokoh si Tobinya sendiri. 



Jepang kalau berimajinasi memang tidak tanggung-tanggung, keren. Saya suka topengnya untuk dijadikan iconic dari logo. Tapi bagaimana itu diterapkan didalam sebuah logo ? 

Lalu saya mencoba browsing lagi memutar filmnya dan memutar lagi. Dimeja tempat saya meletakkan laptop terdapat kamera digital yang memberikan saya ide dari bentuknya. 

Foto by Fabian Studio

Foto By. Fabian Studio

Foto by. Fabian Studio

Akhirnya munculah ide ...... 

Saya akan membuat itu menjadi kotak dengan rounded disetiap sudutnya seperti kamera yang ada disamping macbook pro saya. Maka akhirnya saya mencoba bentuk dengan hasil akhir sebagai berikut : 


Untuk identitas yang lainnya, saya membuat konsep dari labirin lingkaran yang terdapat didalam logo. 

Portofolio Fabian Studio
Portofolio Fabian Studio
Portofolio Fabian Studio

Bentuk campaign nya pun saya sudah siapkan : 

Portofolio Fabian Studio
Portofolio Fabian Studio
Dimana logo harus diletakkan kami juga sudah turut sertakan didalam dokumentasinya. Sekarang mereka bisa berjualan dengan mudah menggunakan Brand yang sudah mereka buat. Maju untuk Tobi Photography nya. 

Fabian Studio bisa mengantarkan kedepan pintu gerbang dimana usaha Anda baru akan dirintis. Dan saya pun siap diminta sebagai konsultan dari visual mereka, he he he (jika diperlukan tentunya). 

Buat saya segala sesuatu itu memang harus dibuat simple dan mudah untuk dicerna. Apalagi logo yang sering kita lihat sudah semakin sederhana atau simple. Jadi disekitar kita saja bisa menjadi inspirasi yang mengerucutkan kita pada pembuatan visual. 

Dan sekali lagi jika ditanya korelasi logo bagus dengan usaha yang maju jelas ada walaupun jauh. Usaha yang maju banyak faktornya walau salah satunya adalah logo/brand/identitas. Dan faktor lainnya sangat banyak. 

Jadi dengan modal brand yang dilandasi dengan tekad yang kuat maka biasanya akan membuat sebuah perusahaan itu maju. 

Pertanyaannya sekarang, sudahkah Anda membuat Brand/logo/identitas usaha Anda secara benar ? 

Kalau belum langsung deh dirancang dan dibuat, agar suatu saat nanti Anda sudah tidak bingung lagi dalam membuat satu identitas untuk usaha Anda. 



Salam Kreatif, 



@rie fabian -









0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.