Iklan :

14 Mei 2013

Membuat Gambar Animasi Menggunakan Photoshop


Hai, ketemu lagi dengan saya, Arie Fabian. Kali ini saya ingin membagikan tutorial tentang membuat gambar bergerak dengan menggunakan software Adobe Photoshop. Kalau Anda lihat contoh jadinya pada gambar saya dipojok kanan berlambangkan Fabian Studio, maka sekarang saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuatnya. 


Prinsip  Animasi yang digunakan oleh software Adobe Photoshop adalah Animasi kuno yang sering kita lihat pada jaman dulu. Bagaimana ribuan gambar dibuat untuk diganti secara cepat sehingga terlihat seperti bergerak. Padahal itu adalah repeating image (gambar yang dibuat secara bersambung).

Buka software adobe photoshop Anda, dan buatlah perencanaan untuk ukuran dalam pembuatan Animasi yang akan Anda buat. 

Jika pada blog saya menggunakan ukuran 300 x 300 px maka Anda bisa membuatnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Satuan ukuran menggunakan pixel, masih ingat kan kenapa pixel ? 

Setelah itu buatlah 2 gambar yang akan Anda animasikan, sebagai contoh Anda bisa lihat materi gambar saya. 



Setelah Anda membuat 2 gambar (bisa lebih), yang sudah Anda letakkan pada artwork yang sudah Anda buat, sekarang Anda bisa membuka timeline Animasi dengan cara :


Buka windows > Animation 

Lalu pada bagian bawah Anda akan melihat timeline Animasi yang baru muncul karena Anda telah mengaktifkannya lewat windows tadi. 


Anda akan melihat dimana tertuliskan Animation Frames dan measurement Log, kali ini saya hanya membahas Animation Framesnya saja. 

Ada dua frame yang terlihat disana, karena saya hanya menggunakan 2 gambar saja, jika Anda menggunakan lebih dari 2 gambar, maka sesuaikanlah Framenya. 



Pertama-tama matikan icon mata pada gambar yang tidak ingin kita jadikan frame pertama. Itu berarti gambar yang akan menjadi frame pertama Anda harus aktifkan icon matanya.

Maka Anda akan melihat Pada frame yang pertama akan ada gambar yang aktif icon matanya dan pada frame yang kedua akan kosong isinya. 

Posisi sebaliknya dari Frame pertama


Lalu pilih frame kedua dan sekarang baliklah posisi yang pada icon mata yang diaktifkan. Kali ini gambar pada frame kedua adalah gambar kedua dengan kata lain yang icon matanya terbuka.

Lalu pada tulisan 1 sec itu pertanda Animasi itu akan still selama 1 second. dan Forever itu berfungsi untuk Looping animasi. Jika sudah dibuat seperti diatas, lalu Anda bisa tekan Play. 

Maka Anda akan dapatkan Animasi yang Anda buat looping selama 1 second lamanya. Dengan begitu pekerjaan pembuatan Animasi kita sudah hampir selesai. Lakukan hal yang sama jika Anda menggunakan lebih dari 2 gambar. 

Lalu pekerjaan selanjutnya adalah menyimpan file Animasi tersebut agar bisa berjalan pada saat kita masukan pada blog kita. 

Yang harus kita lakukan adalah : 


 Buka file > Save For Web & Device


Settingan penyimpanan default dan saya menggunakan defaultnya.


Lalu penamaan File dan tempat penyimpanan.

File akan tersimpan dengan ekstension gif, dan dengan begitu gambar tersebut sudah bersifat animasi atau bergerak. Kalau tidak percaya buka file yang telah Anda simpan. 



Bergerak bukan ? 





Salam Kreatif, 



@rie fabian -
www.fabianstudio.biz

Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.