Iklan :

29 Desember 2012

Menggunakan Smart Filter Pada Adobe Photoshop


Jika kemarin sudah saya bahas mengenai smart Object, maka kali ini saya akan membahas tentang smart filter dari Adobe Photoshop. Saya lupa tepatnya, smart filter ini sudah menjadi fitur di Adobe Photoshop dari versi berapa, yang jelas di versi CS 5 seperti yang saya gunakan fungsi smart filter sudah ada. 

Apa sebenarnya kelebihan dari smart filter ?

Yaitu mengedit objek didalam objek, atau layer didalam layer. Loh jadi gunanya untuk apa ?, bagi yang masih bertanya - tanya, kita ikuti aja langkah - langkah dibawah ini : 


Gambar yang saya gunakan adalah property dari Fabian Studio, studio Design dan Produksi yang mengurusi semua keperluan untuk promosi Anda. Nah, sekarang kita lihat diatas saya memiliki gambar yang terdiri dari beberapa layer. 



Nah, diantara layer - layer tersebut terdapat layer yang berisi gambar dari Anak - anak yang terpajang disana, menandakan bahwa seharusnya tidak ada perbedaan hanya dikarenakan warna kulit. Pada layer tersebut akan saya buat menjadi Smart Objek dengan cara : 


Klik kanan dilayer gambar Anda lalu klik Convert to smart Objects. Maka sekarang layer yang berisi gambar sudah berisi smart Object. Jika masih bingung dengan pembahasan smart Objek, maka Anda bisa melihat pada postingan saya sebelumnya. 

Lalu apa yang membuat Smart Filter menjadi Istimewa, coba perhatikan sebagai berikut. Dalam layer smart objek tadi coba kita berikan efek dengan cara menambahkan efek pada gambar. Seperti gambar dibawah ini : 




Coba tambahkan Filter Unsharpen pada Photoshop Anda pada gambar yang sudah Anda convert menjadi smart Objects tadi.  Gantilah Angka untuk Radius dan lain-lainnya. Jika sudah tekan Ok. 

Ini bisa menjadi kelebihan yang pertama dalam penggunaan smart filter. Sekarang Anda lihat dalam jendela layer Anda, maka Anda akan menemukan sebuah tambahan dibawah layer yang sudah Anda convert menjadi smart Objects tadi. 


Nah, smart filter itu yang dapat berguna untuk kita editing ulang. Caranya Anda tinggal klik 2x pada unsharp mask dan Anda dapat mengedit ulang filter yang sudah Anda klik Ok tadi. Dengan begitu maka kita mendapatkan kemudahan untuk mencoba settingan yang benar - benar pas untuk kita jadikan final gambar nantinya. 

Lalu kita coba tinggalkan kegembiraan itu sejenak, lanjutkan dengan Anda klik tanda panah pada layer yang sudah Anda convert menjadi Smart Object tadi. 


Setelah Anda klik 2x maka akan timbul dialog box seperti dibawah : 



Lalu Anda tinggal klik OK pada dialog box Anda. Maka Anda akan diantarkan kesebuah jendela baru, dan inilah yang saya katakan layer didalam layer. 



Nah sekarang coba Anda rubah gambar yang ada diwindows baru tadi. Perubahan yang saya lakukan adalah dengan cara memperbesar gambar anak - anak seperti diatas. 


Lalu Anda buka kedua windows dengan menekan tombol f pada keyboard Anda. 


Tutup Windows yang sudah diedit tadi, lalu akan muncul dialog box kembali. Yang Anda harus lakukan adalah memilih tombol Save. 


Dan sekarang Anda lihat Layout utama Anda, gambar yang telah Anda ubah diwindows yang terpisah tadi berdampak pada gambar kita yang ada sekarang. Jadi itulah yang saya maksud layer didalam layer. 
Jadi semuanya bisa jadi lebih mudah dalam mengerjakan sebuah perencanaan design yang akan Anda buat. 

Update software grafis Anda memang bukan membuat Anda menjadi tambah hebat. Karena saya pernah mengungkapkan bahwa Anda menggunakan Adobe Photoshop CS berapapun tidak menjadi jaminan layout Anda menjadi lebih bagus atau lebih baik. 

Melainkan tiada bukan adalah konseplah yang membuat gambar Anda menjadi bagus dan bisa bermanfaat. Maka dahulukan pembuatan konsep sebelum masuk kedalam software grafis apapun. 

Satu hal yang pasti Anda dapatkan dengan menggunakan software yang update adalah kemudahan. Kemudahan itu akan mempercepat kerja Anda didalam pengerjaan sebuah artwork design Anda. 

Nah sekarang Anda bisa menikmati kemudahan - kemudahan itu. Selamat membuat karya agar bisa membanggakan Bangsa kita ini. 



Salam Kreatif, 



@rie fabian - 



Reaksi Tulisan :

2 comments:

  1. terimakasih gan infonya sangat berguna sekali buat saya...

    BalasHapus
  2. Sama - sama ...


    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.