Iklan :

2 November 2012

Studi Kasus Tentang Warna


Beribu kali dibahas, topik ini tetap menggairahkan. Saya selalu saja belajar dari beberapa studi kasus milik orang - orang ternama dalam dunia design, marketing, dan Seni. Kembali kita bahas sedikit tentang arti dari persepsi sebuah warna, dimana kita sering menyebutkan bahwa warna hitam adalah warna untuk berkabung, sedangkan di Timur (Khususnya China) Putih merupakan warna berkabung. 

Seakan tidak pernah habis dari ekslplorasi bahwa warna memang sering kali bisa menjadi topik yang sangat menarik. Baik dari segi Psikologisnya maupun dari segi ilmunya. Warna sangat penting bagi dunia Fashion, Periklanan, Kemasan makanan, Mobil, dekorasi, dll.

Dalam beberapa survei informal warna merah sangat dominan digunakan untuk Jersey olahraga, karena dianggap warna merah memiliki intimidasi yang kuat terhadap lawan secara psikologis, dan itu bisa dibuktikan bila kita melihat beberapa warna Jersey pada team sepak bola dibeberapa liga dunia. Itu bisa kita baca pada National Geographic site. 

Tapi merah memang benar - benar merah, bahkan para ilmuwan dari Arizona State University menerbitkan sebuah study tentang perbedaan cara pria dan wanita dalam melihat warna merah di American Jounal Of Human Genetics.

Pada Study itu disebutkan bahwa pria cenderung melihat pada "warna merah" dan wanita lebih luas dalam melihat warna, seperti merah Anggur, tomat dan merah. Ada gen yang memungkinkan kita melihat warna merah dan perempuan kemungkinan memiliki dua salinan duduk pada kromosom X. Sedangkan Pria hanya memiliki satu salinan. 

Seorang pria bernama Fiber Bieren seorang Bapak Psikoliogis warna, dilatih di Chicago Art Institute. Ia pertama kali mencoba untuk menjadi seorang pelukis Landscape, tapi menyadari bahwa ia tidak memiliki bakat untuk itu. Sebaliknya ia menjadi konsultan warna industri, rajin menyimpan catatan pada tren warna untuk barang - barang seperti cat, perabot, dan plastik. Dia menulis beberapa artikel dan buku tentang topik, seperti warna dapat mengakibatkan kelelahan, menyembuhkan, bahkan mengungkapkan informasi tentang kepribadian. 

Itu menandakan bahwa memang warna memiliki elemen yang luas dalam mendominasi beberapa materi dalam penentuan sebuah keputusan. Inilah yang menyebabkan beberapa Perusahaan sangat memikirkan betapa pentingnya sebuah warna. 

Bagaimana dengan Anda ? 




Salam Kreatif, 


@rie fabian - 









Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.