Iklan :

13 September 2012

Ide Spontan


Sebuah Ide itu datang dari sebuah kondisi yang tidak pernah kita duga. Spontanitas dan terkadang terfikirkan pada saat keadaan kita tidak siap. Dan sangat disayangkan, biasanya ide yang keluar secara spontan itu pasti bagus. Karena itu selalu jujur yang keluar dari dalam pemikiran kita tanpa terkontaminasi oleh orang lain. 

Maka dari itu saya sangat senang ketika dia (ide spontan) muncul dibenak saya. Yang saya lakukan biasanya langsung eksekusi. Buat rencana 3 tahap kedepan, lalu eksekusi. Tidak usah banyak, kerena kemungkinan yang kita tebak tentang sebuah kesalahan belum selalu benar akan terjadi.

Jadi cara menguji ide tersebut adalah "menjalankannya" (eksekusi). Kekurang sempurnaan pasti terjadi, baru nanti kita bisa revisi diperjalanan. Tapi jika kita fikirkan 1000 kekurangan diawal, saya bisa yakinkan rencana itu tidak akan pernah jalan. 

Bukannya gegabah dan tidak merencanakan dengan sempurna. Segala sesuatu saya yakin tidak akan ada yang sempurna. Maka dari itu menebak 1000 kemungkinan kekurangan dengan menjalani sekarang itu sebenarnya sama saja hasilnya. Tapi satu langkah kita lebih maju, karena kita memulai lebih dulu. 

Coba kita lihat dulu beberapa quotes dari seorang Albert Einstein dibawah ini  : 

"Imagination is more important than Knowledge", Albert Einstein. 

 Dan satu lagi kutipan dari Albert Einstein yang paling saya suka : 

" Jika A adalah sukses maka rumusnya adalah a = x + y + z, dimana x adalah kerja keras, y adalah bermain dan Z adalah jaga mulut agar tetap tertutup", Albert Einstein. 

Dimana dalam kutipan itu membuktikan bahwa seorang Albert Einstein sangat percaya diri dalam melakukan semua Ide - Ide spontannya. Dia menjaga mulutnya tertutup, berarti dia senang mencoba ide - idenya. Dan ada elemen bermain dalam setiap percobaannya. 

Dan kutipan yang pertama dia mengandalkan kekuatan imajinasi untuk mengasilkan pengetahuan. Maka dari itu setiap ide spontan itu berdasarkan dari sebuah imajinasi dan itu harus dieksekusi dengan sesegera mungkin. 

Semakin banyak ide spontan yang kita segera eksekusi semakin baik juga kita bisa mendapatkan hasil. Jangan takut berbuat salah, karena kesalahan yang belum kita perbuat dalam bayangan kita sendiri akan selalu mengganggu perbuatan kita. 

Dan ingat selalu apa yang dikatakan oleh orang - orang sebelum kita, bahwa perang yang terbesar adalah perang melawan hawa nafsu. 

Dimana ketakutan itu juga merupakan sebuah nafsu, nafsu dalam membunuh niat kita untuk berbuat. Jadi hal yang paling sulit adalah melawan ketakutan kita sendiri. Jadi jika sudah tercipta sebuah embrio ide, Anda buat rencana dan langsung eksekusi. 

Jangan terlalu matang membuat rencana, buat rencana itu setengah matang. Karena mematangkannya nanti pada saat kita eksekusi. 

Semoga kita bisa terlepas dari rasa keragu - raguan yang hanya membawa kita kepada orang yang tidak segera berbuat, tidak selalu mengeksekusi, dan selalu takut akan sebuah ketidaksempurnaan dari sebuah rencana. 



Salam Kreatif, 



@rie fabian - 





Reaksi Tulisan :

4 comments:

  1. saya sudah membuktikan bahwa anda memang orang yang kreatif om :D,
    sukses selalu dengan ide yang tak pernah surut itu
    salam,

    BalasHapus
  2. Rumus yg sederhana tapi luar biasa efeknya

    BalasHapus
  3. Iya mas trisno ...


    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.