Iklan :

3 Agustus 2012

Membuat Hitam Putih Pada Sebagian Gambar di Photoshop


Yang lainnya hitam putih, ada beberapa gambar yang berwarna. Bagaimana cara membuatnya ? yuk coba simak saja postingan saya dibawah.

Beberapa hal tentang kebingungan gambar digital imaging memang membingungkan. Tapi kalau sudah menyimak postingan saya, mudah - mudahan sudah tidak bingung lagi.

Material gambar 
Pertama - tama unduh terlebih dahulu material gambar yang ada diatas. Caranya gampang tinggal save as image saja kedalam PC / Laptop Anda. 

Lalu yang kedua bukalah program Adobe Photoshop Anda, lalu setelah terbuka maka Anda bisa masukan gambar tersebut didalam photoshop. 


Jika sudah dibuka didalam Photoshop Anda, maka pertama yang Anda lakukan adalah mengcopy layer background atau gambar buah - buahan menjadi dua. 



Sekarang Anda bisa melihat layer disebelah kanan saya, sudah menjadi dua layer. Kedua - duanya adalah gambar buah yang sama. Masih ingat Analogi layer yang saya buat pada postingan sebelumnya, benar sekali, kertas ditumpuk. 

Lalu selanjutnya adalah, Anda membuat gambar buah pada layer yang paling atas menjadi hitam putih dengan cara tekan menu Image > Adjustment > Gradient Map


Pada menu Gradient Map, pilih pada pilihan warna yang hitam putih. 


Lalu Anda tekan Ok. 

Sekarang Anda memiliki dua gambar pada layer yang berbeda. Pada layer Pertama Anda memiliki gambar yang berwarna hitam putih dan layer kedua gambar yang full Colour / berwarna. 

Sekarang yang Anda lakukan pada Photoshop Anda adalah aktifkan eraser tool. 


Setelah Anda mengaktifkan Eraser Tool maka Anda bisa melakukan Klik kanan pada bagian gambar. Disana akan terdapat jenis pilihan mata penghapusnya yang Anda bisa pilih. Silahkan Anda pilih yang menurut Anda lebih mudah. 

Lalu hapuslah beberapa gambar yang Anda ingin buat berwarna. Saya berikan contoh pada gambar saya yang ingin saya warnai adalah gambar jeruk dan tomat. Jika Anda ingin mewarnai Pepaya silahkan saja, caranya sama. 


Setelah selesai Anda menghapus bagian yang ingin Anda berikan warna, Anda bisa save gambar Anda dengan cara klik File > Save As. 

Mengapa bisa terjadi demikian ? 

Ini dikarenakan gambar pada tumpukan layer diatas dihapus sehingga gambar yang dibawahnya (berwarna) dapat terlihat dalam satu kesatuan. Padahal ini merupakan dua gambar yang saling bertumpuk. Karena yang diatas (layer yang diatas) adalah gambar yang hitam putih maka gambar tersebut terlihat seperti satu gambar. 


Sekarang giliran Anda mencobanya, selamat mencoba. 


Salam kreatif, 


@rie fabian - 




Reaksi Tulisan :

6 comments:

  1. ahhh.. ternyata begitu caranya..
    tadinya saya pikir pake tool yang digunakan untuk menyeleksi warna.. :D

    BalasHapus
  2. makasih mas, harus sering2 ke sini belajar photoshop :D

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya, Mas.
    Salam kenal, salam hangat dari kaki Merapi

    Phie

    BalasHapus
  4. Air >> Iya kalau ada yang simple kita pakai yang simple aja, he he he ...

    @rie fabian -

    BalasHapus
  5. Mas Kurnia Septa >> Satu kerhomatan mau mampir di Beranda saya, sama - sama mas, silahkan dinikmati suguhan seadanya.

    @rie fabian -

    BalasHapus
  6. Phie >> Sama - sama mas, saya senang bila informasi yang saya berikan bisa bermanfaat ...


    @rie fabian -

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.