Iklan :

26 Juli 2012

Yuk, Belajar Croping Di Photoshop


Kembali lagi dengan saya, Arie Fabian. Masih menyambung tentang postingan hari kemarin, jika kemarin saya membahas tentang Analogi Layer dari Photoshop, sekarang saya ingin mencoba memberikan beberapa tutorial untuk croping. 

Croping atau saya sering menyebutnya memotong ini dilakukan apabila gambar yang kita ambil tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Croping merupakan salah satu fungsi dari tools di photoshop. Dari pada saya jelaskan satu persatu tools photoshop, lebih baik langsung saja praktek cara menggunakan dari masing - masing tools tersebut. Kali ini saya ingin membahas masalah tools Croping. 

Menggunakan Pen Tool
Dalam hal croping, ada banyak cara melaksanakannya, baik cara maupun alatnya. Croping ini bisa dilakukan dengan cara : 

- Menggunakan Pen Tool  (Andalan Saya) 
- Menggunakan Quick Selection Tool 
- Menggunakan Magic Wand Tool 
- Menggunakan Lasso Tool 
- Menggunakan Polygonal Lasso Tool 
- Menggunakan Magnetic Lasso Tool 




Kali ini saya akan membahas beberapa alat / Tool yang berguna untuk melakukan Croping. Mari kita lihat menggunakan cara Quick Selection Tool, 



Menggunakan Quick Selection Tool adalah hal yang sangat simple. Yaitu, Anda tinggal pilih bagian mana yang akan Anda seleksi, lalu Anda mengurutkannya kebagian lainnya. Tinggal Anda mencobanya, dengan mencobanya Anda akan mengetahui rasa dari apa yang saya bicarakan pada blog ini. 

Ketika warna sudah terseleksi, maka Anda bisa menghapus atau menggandakannya. Untuk menghapus Anda tinggal tekan Del, sedangkan untuk menggandakannya Anda tinggal klik Ctrl + J. 

Bagian rambut, menggunakan tombol ctrl + J
Quick Selection Tool ini memang baru ada pada Photoshop versi CS 4 dan 5. Pada versi terdahulunya ini belum ada. Jika kita membuka Photoshop Versi CS 3, Anda hanya akan mendapatkan magic wand Tool saja. 

Magic Wand Tool 

Magic Wand Tool secara konsep hampir sama dengan Quick Selection Tool. Hanya saja jika pada Magic Wand Tool ini, kita hanya klik satu kali maka dia akan memilih keluarga warna yang sama atau mendekati. 



Saya mengaktifkan Magic Wand Tool saya, lalu saya klik pada bagian warna putih, maka yang terjadi gambar akan terseleksi seperti panduan saya diatas. Jika Anda ingin menghapus pada bagian putihnya, maka Anda tinggal klik Del. 

HAH !!! Gak bisa ? 
Itu dikarenakan anda belum membuka gembok yang berada pada layer yang disamping kanan Anda. 




Lihatlah pada gambar diatas, dimana layer Anda pada keadaan Default akan terkunci seperti ini. Maka Anda harus membuka gembok pada layer tersebut. 

Caranya ??? 

Mudah sekali, Anda tinggal klik dua kali pada gambar Layer Background.




Lalu Anda akan mendapati perintah diatas, maka Anda tinggal klik oke. Setelah Oke, maka Anda harus menseleksi ulang pada bagian putih seperti diatas. 


Ketika Anda mendelete, maka Anda akan mendapatkan hasil seperti gambar diatas. Ketika Artwork Anda menjadi kotak-kotak seperti diatas, itu menandakan gambar Anda akan transparan, gak percaya ? 

Kalau Anda tidak percaya, silahkan save as gambar Anda, lalu simpan dalam bentuk PNG. Dan buka gambar Anda pada Windows Picture, tuh kan bener, apa saya bilang. Anda akan mendapati gambar yang transparan. Ini bisa digunakan pada saat Anda ingin membuat Banner pada Website Anda, dengan gambar yang transparan. 

Lalu bagaimana jika saya ingin memberikan warna pada background gambar yang sudah saya hapus ? 

Anda tinggal buat layer baru dengan cara : 


Dibagian bawah layer Anda akan menemukan gambar rantai, fx, Add Layer mask, dll. Disamping gambar tong sampah ada gambar kotak putih, jika Anda dekatkan maka ia bernama Create New Layer. Letakkan cursor Anda pada bagian layer 0, sehingga layer yang terseleksi adalah Layer 0. 

Anda tinggal klik Add New Layer, maka akan muncul layer baru yang bernama layer 2. Kenapa Layer 2 ? karena Photoshop menghitung berdasarkan hitungan layer terakhir. Jika kita melihat sebelumnya, disana terdapat layer 0 dan 1, maka jika Anda menambahkan itu akan menjadi layer 2. 


Pindahkan layer 2 kebawah layer 0, hah kenapa ? 


Sudah dibaca ? Hah masih belum ngerti juga, ikuti aja dulu tutorial ini. 

Sekarang posisi layer ke 2 ada dibawah layer 0. Lalu seleksi layer 0, dan klik tool yang bergambar kaleng cat disebelah kiri. Kalau saya sering menyebutnya kaleng tool (Paint Bucket Tool). 


Nah, jika sudah klik kaleng tool selanjutnya Anda tinggal memilih warna pada bagian bawahnya. 


Anda tinggal klik pada bagian atas (biru pada layar saya), lalu Anda bisa mengganti warnanya. Ketika sudah memilih warnanya, maka Anda bisa kembali lagi kepada kaleng tool nya. Lalu Anda tinggal tuangkan catnya ke layar Artwork Anda, disembarang tempat. 


Hah .... !!!
Kenapa Laptopnya jadi compang - camping ? 

Itu dikarenakan kita delete menggunakan Magic Wand Tool tadi. Jika sebelumnya tidak terlalu nampak, ketika background diganti dengan warna biru maka akan menjadi nampak kekacauan pada gambar Anda. 

Nah, tanpa sadar Anda sudah menggunakan 3 tool pada Photoshop Anda. Quick Selection Tool, Magic Wand Tool dan Paint Bucket Tool. Untuk Tool yang lainnya untuk Croping, saya akan bahas esok hari, disimak yah ... 

Buat yang kepengen latihan menggunakan gambar yang sama dengan saya, Anda bisa donwload gambar dibawah ini :

Stock Foto


Salam Kreatif, 


@rie fabian - 





0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.