Iklan :

28 Juli 2012

Belajar Croping di Photoshop (2)


Kembali lagi bersama saya, Arie fabian dalam membahas tutorial Photoshop duasar banget. Lanjutan postingan kemarin saya akan menunjukkan caranya meng croping image menggunakan Tools yang ada pada Photoshop. Buat yang sudah tahu, mari menambahkan apa yang saya berikan agar kita bisa maju secara bersama-sama. Satu guru satu ilmu, jangan ganggu, he he he he .... 

Bila kemarin kita sudah melakukan croping menggunakan magic wand Tool, maka kali ini saya akan membahas mengenai Lasso Tool. Bagi yang ingin tahu postingan sebelumnya klik disini.

Lasso Tool memang bisa dijadikan alat untuk melakukan kegiatan croping / memotong. Jika Anda memang ingin memotong menggunakan Lasso Tool, maka yang anda harus lakukan adalah melihat titik mulai anda memulai dan titik akhir Anda memulai. 


Lihatlah gambar diatas. Idealnya Anda memulai adalah seperti petunjuk diatas. Dari sisi kiri menuju sisi kanan. Kenapa demikian ? itu dikarenakan kita biasa bekerja dari kiri kekanan. Aktifkan Laso Tool Anda, lalu arahkan dari titik awal. 

Ikuti pinggir gambar sampai dengan ketitik akhir. Ketika sudah sampai dititik akhir sambungkan kembali Lasso tersebut ketitik awal hingga menyambung. 

Gambar dari titik Awal menuju titik Akhir.

Gambar lasso sudah tersambung / tertutup 

Ini memang memerlukan keahlian tangan, dan keahlian tangan itu bisa dikarenakan kebiasaan melainkan dilakukan terus menerus, sehingga akhirnya Anda terbiasa menggunakan tool yang satu ini. 



Selain Lasso Tool, ada juga Polygonal Lasso Tool dan Magnetic Lasso Tool. Ini semua cara menggunakannya sama dengan Lasso Tool, hanya saja cara kerja alatnya dari masing - masing ini berbeda. Sama halnya seperti Lasso, Anda harus membiasakan diri dalam penggunaannya. 

Sekarang bagian yang terakhir adalah Pen Tool. Ini adalah bagian kesukaan saya, dimana saya sering melakukan Cropping menggunakan Pen Tool. Bagaimana cara kerjanya ? 

Lihat gambar dibawah : 



Titik Awal dan titik akhir sama dengan Lasso Tool. Dimana kita tinggal aktifkan Pen Tool, lalu kita ikuti juga pola garis yang berada diluar gambar. 





Jika Path sudah tertutup, maka yang Anda lakukan tinggal mengklik Kanan pada mouse Anda, lalu tinggal pilih Make Selection. 



Pada Kolom Rendering Anda isikan 0, itu sama dengan gambar yang akan Anda Croping nantinya akan Tajam. Jika Anda ingin mencoba mengisikan 1 atau 0.2, Anda akan melihat gambar yang Anda cropping akan memiliki Feader alias blur pada sisi - sisi gambar Anda. 


Setelah itu Anda tinggal memindahkan gambar pada layer baru atau Anda bisa klik ctrl + J, untuk mengcropping Gambar yang ingin Anda pisahkan dari Backgroundnya. 

Sekarang semua Tool croping sudah habis saya bahas, tinggal minggu depan saya akan membahas masalah tool yang lain. Karena biasanya di hari sabtu dan minggu saya akan membagikan majalah atau tutorial design untuk pembaca Blog saya, yang rutin sudah saya jalankan 3 bulan belakangan ini. 

Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi pembaca blog saya. Senang rasanya berbagi, karena ilmu dunia harus dibagikan lagi kepada dunia. 


Salam Kreatif, 


@rie fabian 

3 comments:

  1. Langsung saya praktekin, thx

    BalasHapus
  2. yang rendering itu maksudnya dalam satuan px ato rasio ya..?
    soalnya kalo pake beda2 ukuran pixel foto yang mau dicrop gitu kok beda ya hasilnya...

    BalasHapus
  3. Air >> Itu satuan Pixel .. Oke mungkin nanti akan saya bahas pada postingan berikutnya ...

    Thanks Before ..

    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.