Iklan :

14 Mei 2012

Sebuah Keberanian


Saya berkunjung kesebuah Pondok, dimana Pondok itu diasuh oleh salah seorang Kyai. Saya datang kesana untuk bersilahturahmi dan sedikit ingin menimba ilmu. Lalu diawali dengan membaca Basmalah kami memulai sebuah perbincangan. 

Pertanyaan pertama yang saya ajukan adalah tentang kearagu-raguan, An-nas. Beberapa waktu kebelakang ini saya menemukan sebuah keragu-raguan yang cukup besar atas langkah yang ingin saya ambil.

Lalu dia pun memberikan semangat dan sedikit pengetahuan tentang keberanian. Bahwa dunia ini adalah tempatnya orang-orang berani, berani mengakui kesalahan dan berani mengatakan kebenaran. Dengan sebuah keberanian seorang yang beranama Columbus bisa menemukan Benua Amerika, dengan Keberanian seorang yang beranama Ir. Soekarno bisa memerdekan Bangsa Indonesia, maka kita perlu berani. 

Terkadang memang kita mendapat situasi dilema untuk mengungkapkan apa yang kita inginkan, namun itu semua yang melemahkan kita. Jalan dan rasakan perjalanannya, jangan terus di ragu-ragukan. 

Fungsinya hati untuk meyakinkan dan fungsinya Otak untuk melemahkan keyakinan kita, maka itu semua harus bisa seimbang, membuat rencana yang sederhana lalu lakukan hal yang luar biasa. Pembicaraan ini membuat kesan dalam setiap langkah saya sekarang ini. 

Memang sebuah keyakinan merupakan hal yang luar biasa. Lalu pembicaraan yang lainnya yang membuat saya terkesan adalah, kamu takut karena kamu belum tahu ilmunya, maka belajar, baca, dan cari ilmu pengetahuannya. 

Sungguh luar biasa !!!

Ini pembicaraan yang teramat jarang saya temui dalam sebuah Pondok Pesantren, masalah kemasuk akalan yang dijelaskan dengan ilmu pengetahuan. 

"Gak ada hal apapun yang bisa meyakini kamu selain ilmu Pengetahuan" 

Akhirnya saya dapat membuka lebar-lebar mata saya, karena semuanya gak ada yang instan. Semuanya pasti proses, semuanya ada tahapannya. Jika kita melihat sebuah keragu-raguan itu merupakan bagian dari proses. Dan akhirnya keragu-raguan itulah yang membuat kita menjadi gagal untuk maju. 

Sebuah Suplemen yang luar biasa, sebuah injeksi yang memang bisa membakar semangat saya untuk melakukan dan melanjutkan rencana saya. Kegagalan bukan untuk ditakuti, karena semuanya gak akan ada yang merugi. Dengan mendapat kegagalan itulah keuntungan bagi orang-orang yang ingin mencoba. 

Buat orang yang takut mencoba ? 

Maka dia tidak akan merasakan pelajaran yang berguna, Kegagalan. Berguna karena kita dapat satu pelajaran yang sangat berharga dari kegagalan tersebut. Maka kegagalan itu adalah guru yang sempurna. 

Beranilah mulai sekarang, beranilah tantang jalan kedepan dengan semua rencana sederhana kita. Jika tidak sekarang kapan lagi ? 



Salam kreatif, 



@rie fabian 
www.fabianstudio.biz 



Reaksi Tulisan :

4 comments:

  1. setujuuh..
    dan harus berani meminta maaf kalo kita salah..

    BalasHapus
  2. Makasih Mama Olive ..

    @rie fabian
    www.fabianstudio.Biz

    BalasHapus
  3. Mantap, berani dan berani..

    BalasHapus
  4. Sip ...

    @rie fabian
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.