Iklan :

27 Mei 2012

Mengenal Jenis dan Fungsi Tinta Printer Anda


Mengapa kita harus mengenal jenis tinta pada printer kita ? Agar kita dapat menyesuaikan kebutuhan kita.   Sudah rahasia umum sekarang, bahwa sebuah printer menggunakan sistem inject dan membuatkan tabungnya diluar dari printer itu sendiri. Itu sudah terbukti memang printer jadi lebih hemat dan lebih efisiesn. 

Sistem tabung pada saat ini memang sudah populer di Indonesia sejak tahun 2004 - 2005. Pada saat itu saya mulai berkenalan dengan mas Chandra dari Akeno. Jenis tinta pada tinta suntikan mempunyai 3 jenis, yaitu :

1. Tinta Dye
2. Tinta Sublime 
3. Tinta Piqment

Apa keunggulan dari 3 jenis tinta ini ? 

Jika Anda hanya menggunakan printer Anda untuk kebutuhan print untuk media kertas, maka tinta Dye  sudah menjadi ideal untuk Anda. Namun harap juga diingat, bahwa tinta dye ini akan luntur jika terkena air pada kertas. 

Keunggulan dari tinta jenis Dye ini adalah ekonomis yaitu murah. Jika kita lihat sebagian rental atau fotocopi yang menggunakan printer dengan harga murah apalagi, maka bisa dipastikan itu menggunakan tinta dye. 

Tinta Sublime berguna jika Anda ingin bermain pada media press kaos ataupun gelas. Tinta sublime ini yang dapat pindah ke media kaos atau gelas anda pada saat dipress. Tinta sublime ini lebih efektif menggunakan bahan injet papper. Semakin baik Injet papper maka semakin bagus kualitas gambarnya. 

Tinta Sublime ini sangatlah kental, berbeda dengan tinta dye. Dan kekurangan dari tinta Sublime ini adalah memiliki penurunan warna pada aslinya. Jika kita membuat sebuah design pada komputer kita lalu kita print dengan menggunakan tinta sublime maka gambar yang kita buat akan mengalami penurunan warna hingga 20 %. Maka kita harus memperhitungkan resiko ini. 

Lalu yang terakhir adalah tinta Piqment, dimana tinta ini memiliki kekuatan yang luar biasa. Jika kita mencetak foto pada media kertas foto pada printer kita menggunakan tinta Piqment maka kita akan mendapatkan kualitas foto yang tahan lama. 

Tinta Piqment tidak mudah pudar, walaupun media yang kita cetak tidak dilaminasi. Jika kita sering melihat sebuah foto yang diprint dikertas, lalu foto tersebut dipajang dan tahan lama kualitasnya, maka itu menggunakan tinta piqment. 

Tinta Piqment juga biasa digunakan untuk membuat press kaos yang berbahan hitam. Dengan menggunakan Transfer Papper maka warna hitampun bisa dicetak dengan menggunakan metode Print Press. 

Satu kelemahan lagi dari tinta piqment dan tinta sublime adalah, jika printer lama tidak terpakai maka tinta akan menggumpal. Itu dikarenakan tinta ini memang memiliki kekentalan yang berbeda dari tinta yang berjenis Dye. 

Semoga informasi yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk Anda. 



Salam Kreatif, 



@rie fabian 





Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.