Iklan :

5 April 2012

Kombinasi warna


Kombinasi warna yang akan saya bahas kali ini adalah jenis-jenisnya. Sebelum kita memilih warna yang cocok atau tidak cocok, ada baiknya kita mengenal jenisnya terlebih dahulu.


1. Warna Akromatik 
Sesuai dengan namanya A Kromatik, dimana A = tidak dan Kromatik = warna, maka Akromatik sering disebut juga Grayscale atau hitam putih. Paduan Akromatik ini bisa terdiri dari hitam, putih atau abu-abu. Teknik ini biasanya menggunakan gelap terang untuk pewarnaan.

2. Monokrom / Netral 
Ada satu warna Hue yang dikombinasikan dengan gelap terang. Kombinasi warna sangat Sederhana, tidak banyak resiko dan mudah diterima mata. Kelemahannya adalah mudah membosankan. 
Warna Hue
3. Komplementer 
Adalah dua warna Hue yang berlawanan, dikombinasikan dengan gelap terang, ini disebut juga warna Komplementer. Kombinasi ini akan menarik mata (Eye Catching), tetapi jika kita tidak berhasil menggabungkan 2 warna tersebut, maka akan terlihat tidak matching. 

4. Pastel & Dark Colour 
Warna pastel yang mendekati warna terang / putih. Biasanya sering disebut juga dengan Sepia. Kebalikan dari Pastel adalah warna Dark Colour. 

5. Warna Analog 
Adalah warna yang beda Hue yang bersebelahan, sehingga kombinasinya akan lebih mudah diterima mata dan lebih berani dibandingkan dengan monokrom. 

6. Clash 
2 warna yang berlawanan (Komplementer), tapi menyimpang bergeser 1 Hue. Sesuai dengan namanya Clash adalah warna yang tidak harmonis / bertentangan / tabrakan sehingga warna tersebut tidak enak dipandang mata. Akan tetapi dengan teknik tertentu warna ini akan tampil khas dan inovatif. 

7. Split Komplementer 
Lebih rumit dari warna Clash karena terdiri dari 3 warna yang tidak harmonis / clash. Bila kita menyatukan 3 warna tersebut dalam sebuah design, akan menghasilkan sebuah karya yang inovatif dan spektakuler. 

* Dari berbagai macam sumber. 


Salam Kreatif, 


@rie fabian 



Reaksi Tulisan :

2 comments:

  1. kalo di paduin warnanya keren juga yah

    BalasHapus
  2. Mantab kan ...

    Salam om Jay
    @rie fabian

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.