Iklan :

21 Februari 2012

Digital Vs Manual


Manual Vs Digital ? 
Judulnya pasaran banget yah .. tapi kali ini bahasannya tentang Sablon digital dengan manual untuk media kaos atau bahan. 

Sablon Digital yang dimaksud adalah mesin press kaos yang sudah banyak beredar dipasaran, sedangkan sablon manual, yaitu sablon yang masih menggunakan screen konvensional. Lalu apa keuntungan dan kerugian kedua jenis ini, mari simak postingan saya ... 

Keuntungan dari kedua jenis ini adalah :
  • Menggunakan sablon digital mengolah file lebih mudah, karena file tinggal print langsung press, lalu jadi deh. 
  • Menggunakan Warna-warna gradasi pada jenis sablon digital tentunya lebih mudah prosesnya, dibanding dengan menggunakan manual yang agak sedikit perlu perjuangan dalam implementasinya. 
  • Menggunakan Sablon Digital dapat menghasilkan warna yang lebih bagus dibandingkan dengan sablon manual, Jika pada sablon digital banyak menggunakan warna tinta printer berbeda dengan Manual, Proses manual jauh lebih sulit.
  • Proses Sablon manual lebih memiliki warna yang kaya, atau banyak. Karena dengan menggunakan sablon manual proses mencari warna dengan menggunakan pencampuran, seperti warna orange dihasilkan dari warna merah dan kuning. 
  • Untuk daya tahan, jika menurut pandangan saya, sablon manual lebih tahan lama dibanding dengan sablon digital. 
  • Daya tahan tinta atau pasta bila pada sablon manual pada bahan lebih memiliki daya tahan yang kuat dan lebih rekat di bahan. 
  • Untuk proses, sablon digital lebih cepat prosesnya dibanding dengan manual. 
  • Proses sablon manual lebih butuh ketelitian dalam membuat per bagian warnanya dibanding dengan sablon digital. 
  • Proses sablon digital lebih banyak biaya produksinya dibandingkan dengan sablon manual, karena rata-rata mesin press itu menggunakan listrik yang notabene nya mengeluarkan biaya yang lebih mahal. 
  • Biaya produksi untuk digital lebih murah dibanding manual, karena digital tidak menghitung per warna sedangkan manual masih menggunakan metode penghitungan produksi harga kaos + banyaknya warna yang akan disablon.

Nah jadi mau digital mau manual semuanya memiliki kelebihan masing-masing, ingin cepat prosesnya karena waktunya mepet kejar deadline untuk event, anda bisa menggunakan Sablon Digital, akan tetapi butuh kedetilan gambar dalam proses pengerjaan per warnanya silahkan anda memilih sablon manual.

Semua tergantung kebutuhan Anda. 



Salam Kreatif,


@rie fabian 






8 comments:

  1. wah..saya malah baru tau da sablon digital..mantap nih sbgai referensi ..

    BalasHapus
  2. Salam berbagi yah mas ..

    @rie fabian

    BalasHapus
  3. ane jual mesin press sablon...
    kali aja ada yang minat hub ane gan...
    085236818481

    BalasHapus
  4. Mantap Infonya....Thanks ea

    BalasHapus
  5. mantab ..
    Silahkan dipasarkan mas ..

    @rie fabian

    BalasHapus
  6. goyang kerawang >> makasih om ...

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.