Iklan :

27 Januari 2012

Tips Membuat Design Kaos


Membuat design untuk media kaos ini memang butuh sebuah perencanaan. Hal yang pertama saya fikirkan adalah, bagaimana rencana akan design yang akan kita implementasikan kedalam sebuah media kaos ini. 

Lalu jika hanya sekedar design untuk bagian depan dan belakang saja, gambar apa yang ingin kita buat pada bagian depan dan belakang.

Jika saya sudah menemukan ide dasarnya, maka saya akan menuangkannya kedalam software grafis, maaf dalam kesempatan ini saya menggunakan software adobe ilustrator.  Saya lalu membuat design pada media A4 Sebagai ilustrasi dari design yang akan saya implementasikan nanti. 

Jika memang perlu, letakkan kaos tersebut disamping kompi (komputer) anda, ini bertujuan agar anda terbayang jika design yang anda buat akan diimplementasikan kepada kaos yang berada disamping anda. 

Usahakan dalam membuat design dalam format vektor, ini bertujuan untuk menjaga gambar agar tetap konsisten dalam penggunaan skala perbandingan besar atau kecil. karena dalam mendesign sebuah kaos kita tidak bisa pastikan ukuran apa yang akan kita buat. 

Setelah design sudah selesai, sebagai implementasi dasar yang akan anda tunjukkan kepada client atau pemesan anda, letakkan design itu pada template kaos vektor yang banyak beredar di vektor file. Jika anda tidak memilikinya maka saya akan turut memberikan pada postingan selanjutnya. 

Lalu jika perlu anda print buatlah print untuk anda bawa kepada pemesan design kaos anda. Jika berikan estimasi nanti besar design berapa cm. Saya menggunakan lebar porposional sebesar 35 cm untuk design yang saya buat kali ini. 

Setelah itu, persiapkan file dalam bentuk hitam putih (sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya). Setelah anda selesai membuat, anda bisa serahkan file maupun print out nya kepada bagian produksi. Hal yang terpenting adalah, berikan contoh warna kepada bagian produksi agar mereka dapat mengikuti contoh yang anda berikan. 

System produksi pada media screen printing menggunakan teori aduk warna. Jadi mereka akan mengambil perpaduan pasta (cat untuk sablon baju) untuk mengejar warna yang anda berikan. Tunggu mereka dalam proses mengaduk warna, karena adukan warna tersebut menjadi hidup mati anda alias itu yang akan digunakan untuk 500 kaos kedepan (jika anda membuat 500 kaos). Salah warna yang pertama, maka anda akan mendapati salah warna pada hasil keseluruhan. 

Setelah itu anda akan mendapati seperti gambar dibawah ini : 





Sekarang anda sudah bisa melihat hasil dari apa yang anda buat. Jadi teruslah berkarya ... 



Salam kreatif, 


@rie fabian 










0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.