Iklan :

30 Januari 2012

Event Designer



Seseorang yang mengerjakan design untuk sebuah event, saya sering menyebut dengan event designer. Ada beberapa tips yang harus diingat dalam melakukan sebuah pekerjaan sebagai event designer, yaitu :

Seorang yang designer yang bekerja untuk keperluan sebuah event dituntut harus lebih hati-hati, baik dalam pengerjaan design maupun perencanaan. Pahamilah dengan benar akan kebutuhan yang digunakan untuk event tersebut.

Ada baiknya kita terlebih dahulu menanyakan jenis event apa yang akan kita kerjakan designnya. Lalu setelah kita tahu event apa yang akan berlangsung maka saatnya kita mulai merencanakan, design kita akan diimplementasikan kepada media apa saja. 

Media sangat mempengaruhi sebuah perencanaan design, dimana ada baiknya kita juga mengetahui media apa saja yang digunakan untuk keperluan event tersebut. Media untuk keperluan sebuah design sangatlah banyak, oleh sebab itu kita memang harus benar-benar mengetahuinya. 

Untuk jenis event yang biasa  diadakan oleh dblogger ini biasanya menggunakan Spanduk, umbul-umbul, x banner, merchandise (pin, mug, gantungan kunci,dll), slide show present, Banner digital, brosur, t shirt, name tag dan slide show foto. 

Maka jika kita sudah mengetahui medianya maka saat kita membuat sebuah design kita memang sudah mengimajinasikan design kita masuk kedalam semua media tersebut. 

Hal yang harus diperhatikan yang kedua adalah, seorang designer harus mampu mengkomunikasikan kepada partner acara  tentang hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat pemasangan logo didalam design kita. Saya selalu meminta logo dalam bentuk vektor, seperti yang saya lakukan kepada partner acara  pada  ulang tahun ke-3 dblogger. 

Jika kita ingin mengimplementasikan sebuah logo kedalam design kita, jangan sekali-kali kita mengambil sebuah logo dari searching website. Disamping kita akan mendapatkan logo yang tidak maksimal atau logo tersebut tidak akan resizeable. 

Kita harus menanyakan kepada partner media tentang bagaimana memperlakukan logo yang mereka gunakan. Ada beberapa logo yang tidak bisa bertemu dengan warna-warna tertentu, atau logo tersebut akan bertransformasi jika bertemu dengan ornament tertentu, semua itu tergantung lagi kepada manual guide logo tersebut. 

Itu yang saya maksud, kenapa sebaiknya jangan menggunakan logo dari hasil search pada website terttentu, kita tidak akan mendapatkan manual guide dari media partner kita. Ini sangat krusial sifatnya, maka sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada para partner tersebut agar kita tidak kesalahan dalam memperlakukan logo mereka. 


Sebelum mengeksekusikan sebuah logo untuk partner acara yang akan dibuat, saya lebih sering berbicara dengan orang yang berkepentingan akan logo dari perusahaan tersebut. Pastikan dengan benar anda mengikuti guideline logo dari partner acara sesuai dengan MOU yang disepakati. Jangan coba-coba anda melanggarnya, karena ini akan berakibat fatal hasilnya. 

Setelah anda sudah mempersiapkan, mulailah anda membuat design dengan sebuah materi yang akan anda bangun. Materi sebuah design untuk acara biasanya didapat berdasarkan brief pra acara atau cikal bakal dari acara tersebut dibangun. 

Setiap acara pasti memiliki pesan yang ingin disampaikan, setiap acara pasti mempunyai cerita kenapa kita ingin membuat acara tersebut, sebuah acara sudah pasti memiliki embrio idenya sendiri, dari sanalah kita mulai membangun sebuah persepsi atas design yang akan kita bangun. 

Setelah perencanaan selesai, bangunlah design anda semaksimal mungkin, seperti biasa siapkan minimal 2 option sebelum anda apply kepada ketua panitia acara. Dengan begitu anda dapat memberikan pilihan atas design yang akan anda buat. 


Design Digital Banner yang di publish pada halaman Surat dari buncit detikcom


Keberadaan seorang designer untuk sebuah event penting adanya, bukan hanya sekedar pandai membuat sebuah implementasi design saja, tapi pandai berkomunikasi kepada client, partner, media,dll. Maka dari itu seorang event designer harus mampu berkomunikasi kepada banyak pihak agar satu sama lain tidak merasa dirugikan dalam hal publikasi dan value promosinya. 


Salam kreatif, 


@rie fabian 


















0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.