Iklan :

9 Desember 2011

Sebuah Usaha Clothing


Sebuah usaha clothing memang bukan bidang yang baru bagi kita pada saat ini. Dulu kita mendengar usaha ini seperti seorang petani yang bermimpi dapat hidup berlebih dari mengandalkan usaha ini. Namun belakangan kita tahu, tidak sedikit usaha clothing yang sudah menjadi usaha yang mainstream pada saat ini. 

Sebut saja joger, dadung, dagadu, dll, bagaimana menurut anda ?

Masih kita bisa menganggap ini sebelah mata sebagai bidang usaha ?, ditambahkan lagi sekarang di Jakarta sudah dibuat event tahunannya yang diberi nama dengan "Jak Cloth" yaitu pameran yang memamerkan jenis jenis usaha pada bidang clothing ini. 

"Usaha clothing ini merupakan usaha yang tidak sulit", tutur dimen, sahabat fabian yang memang sudah cukup lama berkecimpung dibidang clothing ini. Selain di fabian studio, mereka juga membuat satu komunitas musik yang memang berkembang pesat bahkan sampai keluar negeri. 


Untuk modal awal membuka usaha clothingan juga tidak membutuhkan modal yang besar. Kita tinggal membeli screen, pasta, m3 (m tiga, cairan untuk menghancurkan updrukan screen), Lampu dan hair dryer. Tentu kita bisa berhitung, butuh berapa modal awal untuk membuka usaha clothingan ini. 


Sebagai orang yang sudah menggeluti dunia clothingan lebih dari 10 tahun saya mengapresiasikan mereka lewat tulisan saya ini. 

Lalu bagian apa yang sulit ???

Bagian tersulit dari usaha ini adalah ketelitian dan konsistensi. Ini merupakan hal yang sangat sulit dibangun bagi kebanyakan orang yang hanya berfikir tentang profit semata. Memabangun usaha bukanlah perkara untung rugi, tapi lebih tepatnya membangun usaha itu harus dilandaskan dengan kesenangan hati. Bangunlah usaha dengan hati ..... (that's a great idea, i think). 

Dimana pada saat dewasa ini orang menginginkan sesuatu yang instan, dengan maraknya mesin press untuk membuat produksi kaos jauh lebih instan daripada dengan cara disablon, namun cara itu banyak menghasilkan cacat hasil karena terlalu monoton. 

Menurut saya cara konvensional terkadang lebih maksimal mendapatkan hasil dibanding dengan cara sekarang yang cenderung instan. Dalam industri clothing di mata saya, memiliki satu perkembangan-perkembangan yang tidak bisa didiamkan. 

Salah satu contoh kita bisa melihat sebuah pasta untuk sablonan design itu sudah sangat variatif sekali, jika dahulu kita hanya mengenal pasta karet sebagai pasta yang paling keren pada saat itu, sekarang jenis pasta untuk sablon sudah lumayan banyak variannya. Begitupun juga dengan tekhnik menyablonnya. 

Jika kita ulet dan teliti, bisnis ini tentu sangat menjanjikan satu profit yang besar, namun itu bukan dibuat dalam waktu satu dua bulan saja. 


Gambar ini secara ekslusif saya ambil dari workshop langsung untuk pembaca blog saya yang ingin mengimplementasikan ide kreatifnya. 

Jadi segala sesuatu yang ingin maksimal harusnya tidak ada yang instan, segala sesuatu yang besar tidak akan didapat melalui perjuangan yang biasa - biasa saja, sesuatu yang bernama sukses tidak akan ada tanpa penderitaan. 

Uang besar = resiko besar, uang kecil = resiko kecil, maka jangan pernah bermimpi membangun kesuksesan dalam waktu satu hari, kecuali dengan cara yang tidak masuk akal. 

Maka menurut saya, membuat usaha ini memang paling minim investasi modalnya, namun sangat diingat hanya orang-orang yang teliti saja yang berhasil keluar menjadi pelaku bisnis pada bidang clothingan ini. Jika anda berminat anda bisa membuat, jika anda ingin membuat bulatkan tekad anda untuk bisa melewati fase ketelitian yang sangat luar biasa. 

Seni itu memang membutuhkan sedikit perhatian dari para pekerjanya untuk sebuah hasil yang maksimal. Dan saya bangga dapat bekerja sama dengan mereka kurang lebih sudah dari 4 tahun yang lalu. 

Sukses buat anda, dan sukses untuk perencanaan kreatif anda (para pembaca blog saya).


Salam kreatif, 

@rie fabian 

6 comments:

  1. Sebut saja joger, dadung, dagadu, dll, bagaimana menurut anda ?
    kreatif original yg buat mereka besar ..Jak Cloth minggu besok ada ya om fabi ?

    BalasHapus
  2. Jak Cloth tanggal 9 - 10 Desember 2011, plaza tenggara GBK.

    Sebenarnya Original itu gak ada pada bisnis art kita mas, yang ada mereka semua nyontek kepada luar semua. Cloth itu ide dasarnya sudah ada diluar negeri yang bagian dari kampanye kota atau city brandingnya mereka.

    Cuma yang saya ingat pertama kali ada itu tetap Dagadu terlebih dahulu dan mereka meniru city Brandingnya New York pada saat itu. Tapi yang patut kita bangga sekarang ini pada masalah kualitasnya, dimana kita tidak kalah dalam kualitas walaupun tidak original.

    Salam Kreatif,
    arie fabian

    BalasHapus
  3. waduh...pengen punya usaha ini..tapi bingung mulainya. udah jualan sih tapi cocok, kali aja dapet pathner nih..heheh

    BalasHapus
  4. Udah tinggal dibuat aja kang boeding ..

    @rie fabian

    BalasHapus
  5. Terima kasih Om Ahmad ..


    @rie fabian-
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.