Iklan :

1 November 2011

Tips Presentasi ala @rie fabian


Beberapa designer memiliki kecendrungan sungkan untuk berpresentasi, apalagi kalau sampai presentasi dengan 4 sampai 5 orang didalam ruangan. Sebenarnya hal inilah yang membuat satu nilai dari sebuah karya design anda. Maka saya punya tips cara mempresentasikan design anda ... 

Tips yang pertama adalah siapkan materi presentasi design anda sebaik mungkin. Mempersiapkan materi ini adalah anda membuka atau mereview kembali kepada design anda, dimana filosofi warna yang telah anda fikirkan kepada design tersebut, beberapa ornamen pendukung yang membawa kepada emosional design anda menjadi terarah, body copy yang memang sudah anda mengerti dan paham tentang apa yang akan disampaikan.

Materi design itu memang harus dijelaskan sedemikian rupa agar client mengerti maksud dan tujuan anda  pada design yang anda buat. Jangan sampai ada kekeliruan maksud atau pencapaian pesan dari apa yang akan anda sampaikan. 

Gambar merupakan pesan yang selalu mempunyai dua makna, baik dan buruk. Kalau memang anda mempunyai nilai yang cukup untuk membangun alasan kepada gambar buatan anda saran saya pertahankan itu, minimal sebagai optional. 

Setelah anda sudah mereview materi design yang akan anda presentasikan, untuk yang kedua anda lakukan adalah istirahat yang cukup. Kebanyakan designer masih kurang memahami ini. Karena mereka biasanya baru mendapatkan ide satu hari menjelang deadline, sudah biasa itu mah, namanya juga anak design. 

Namun pada keesokan harinya, fikiran anda tersumbat karena anda terlalu lelah. Body Geusteur anda akan terbaca sebagai orang yang kelelahan, tidak fun. "A Good Presentation it's fun", begitulah menurut saya. 

Dapat bersahabat kepada orang yang anda presentasikan menjadi point tersendiri dalam sebuah presentasi. Ingat pada saat anda berikrar ingin komersil maka design yang anda buat untuk mereka (client), titik. 

Jadi tunjukanlah rasa semangat, rasa senang, ceria dalam membawakan presentasi design yang sudah anda buat.

Design ini bukan ilmu pasti loh, design ini dibuat berdasarkan perasaan anda pada saat membuat, imajinasi anda pada saat mengatur layoutnya, dan kreatiftas anda pada saat pengimplementasiannya pada sebuah media, jadi design itu bukan ilmu pasti. 

Tips yang ketiga adalah, datang setengah jam lebih awal. Ini juga bagian yang tersulit bagi designer. Biasa mepet-mepet maka datangnya pun mepet-mepet. 

Keuntungan anda datang lebih awal setengah jam adalah anda bisa merasakan ambience dari ruangan tersebut, dinginnya, orang sekitarnya, ruangannya, dll. Bersahabatlah dengan tempat anda yang menjadi tempat anda berpresentasi maka dengan demikian anda akan terlihat bersahabat sekali, minimal dengan tempatnya.

Tips kelima adalah, lakukan presentasi dengan sebaik-baiknya. 

Sukses untuk design anda. 



Salam Kreatif, 


@rie fabian 

Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.