Iklan :

1 November 2011

Anatomi Huruf


Ada dua aspek dasar dari anatomi huruf yang perlu kita kenal. Yang pertama adalah aspek yang menyangkut dimensi fisik yang berhubungan secara teknis, misalnya bagaimana kita dapat mengukur huruf itu baik lebar maupun tingginya. 

Jika kita hendak menyatakan ukuran suatu huruf, kata, atau baris maka dari manakah ukuran itu dimulai, dan satuan ukuran apakah yang baku dimulai, dan satuan ukuran apakah yang baku untuk menyatakan ukuran tersebut.

Dari segi praktek kita dapat menerapkan ukuran-ukuran tadi pada program komputer yang akan menata set dari karakter itu. Aspek dasar yang kedua adalah berhubungan dengan bentuk, konstruksi dan penampilan secara fisik dari masing-masing karakter. 

Seorang Designer huruf didalam merancang bentuk-bentuk huruf menggunakan ikatan-ikatan atau aturan-aturan yang dijadikan pijakan dalam menentukan ukuran maupun perbandingan antara huruf besar (kapital) maupun huruf biasa (lower case).

Selain itu juga perbandingan ukuran pada masing-masing bagian huruf akan ada pengelompokkan sesuai dengan bentuk dan fungsinya. 

Type Size : 
Ukuran dalam satuan point yang dijadikan sebutan nomor suatu font

Body Clearance : 
Jarak kosong yang menjamin  agar ascender suatu baris huruf bertabrakan dengan descender dari baris atasnya. 

Dan untuk pengartian yang lainnya anda bisa melihat pada ilustrasi yang saya buat pada gambar diatas. Dimana ada cap height, serif, Bar, Body Widht, dll. 

Jadi bukan hanya sembarang menggunakan jenis dan untuk suatu konsep tertentu. Design dalam membuat font itu semata-mata untuk menguatkan satu konsep dalam layout design, dan semua nantinya akan menjadi satu kesatuan. 

Jadi bagaimana dengan konsep design anda ?, sudahkah menggunakan font yang pas (bukan benar yah, karena benar itu relatif dalam membuat design). 


Salam kreatif, 


@rie fabian 

Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.