Iklan :

7 Oktober 2011

Teknik Stencil


Teknik Stencil dalam seni rupa diberi nama dengan Pochoir. Teknik Stencil adalah menggunakan template untuk menggambar atau melukiskan huruf. Bahan yang digunakan sebagai template untuk teknik Stencil banyak. 

Salah satu bahan yang sering digunakan adalah kertas, Plat, Seng, besi, dll. Keuntungan dalam menggunakan teknik ini adalah template dapat dipakai berulang-ulang sehingga menghasilkan gambar yang sama.

Jika kita berbicara Stencil maka kita akan selalu dominan melihat gambar yang hitam putih. Karena ini lebih mudah dalam proses pengerjaannya. Design yang diproduksi dengan menggunakan teknik stencil maka design itu juga dikatakan stencil. 

Teknik stencil ini biasanya menggunakan sisi negatif dari gambar. Jadi jika kita melihat gambar selalu dari sisi yang negatif. Sebagai contoh kita bisa lihat gambar yang saya priview diatas. Walaupun ada beberapa yang mengambil teknik stencil dengan menggunakan positifnya. Tapi kalau menurut saya yang paling keren jika itu gambar yang negatif. 

Teknik Stencil berbeda dengan teknik bomber grafiti. Jika bomber grafiti langsung menghajar media menggunakan pilok atau cat maka jika stencil mereka menggunakan master sebagai cetakan dari gambar, sehingga gambar itu dibuat kembali pada media yang berbeda akan menghasilkan gambar yang sama. 

Stencil artist pada jamannya adalah : 

http://flickrhivemind.net/Tags/stensil/Timeline

http://www.banksy.co.uk/newoutdoors/outdoors.html#

http://www.spraypaintstencils.com

Contoh template yang digunakan untuk stencil art, seperti gambar dibawah : 


Kita bisa melihat gambar diatas sebuah cetakan yang dibuat menggunakan plat untuk membuat gambar dengan teknik Stencil. Teknik ini adalah sebanding dengan lukisan-lukisan didalam gua pada tahun 10.000 SM, dimana tangan manusia digunakan sebagai master dari sebuah teknik stencil itu sendiri. 

Semoga ini memperkaya wawasan kreatif kita dalam mengimplementasikan sebuah seni kedalam kebutuhan kita sehari-hari. 



Salam kreatif, 


@rie fabian 

Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.