Iklan :

21 Oktober 2011

Seni Karikatur Di Indonesia


Karikatur menjadi bagian dari sejarah perjalanan seni di Indonesia. Seni karikatur ini sudah ada di Indonesia pada tahun 1970 an dengan tokoh karikatur yang dibuat untuk majalah tempo pada saat itu. Pembuat karikatur pada saat itu bernama S. Prinka. 
Jika kita melihat sebuah definisi dari karikatur yang berbunyi, karikatur adalah gambar yang menampilkan kembali satu objek kongkret dengan cara dilebih-lebihkan ciri  khas objek tersebut.

Karikatur berasal dari kata Italia caricare yang mempunyai arti memberi muatan atau melebih-lebihkan. Karikatur dibuat memang sengaja untuk menimbulkan reaksi tawa atau kelucuan, walaupun kadang kala agak sinis. Karikatur dapat juga digunakan untuk menonjolkan watak orang yang digambarkannya. 

Orang yang membuat karikatur ini sering disebut dengan karikaturis. 

Karikatur bukan kartun, perbedaan karikatur dengan kartun adalah, karikatur tidak membentuk cerita sebagaimana kartun yang selalu mempunyai jalan cerita. Namun kartun dapat mengandung karikatur. 

Pada sebuah majalah di Indonesia karikatur sering sekali digunakan untuk menjadi sampul depan majalah. Salah satu pengusung dari sampul majalah tersebut adalah majalah tempo di Indonesia. 


Seni karikatur ini sering juga digunakan sebagai pesan politik kepada publik. Karena dengan seni ini kita dapat menambah-nambahkan sesuatu yang memang sudah menjadi kebiasaan pada seni ini. 



Kita bisa melihat perihal gambar diatas, dimana kita menemukan beberapa pesan dengan syarat muatan politik. Sampul majalah Tempo adalah penggagas untuk ide-ide karikatur berjenis pesan politik namun hanya untuk sebuah tajuk berita yang sedang headline, bukan sengaja dilakukan untuk bertujuan menyerang. 

Jika kita melihat sejarah karikatur ini memang sudah dilakukan pada jaman dahulu kala. karikatur ini sering menggambarkan manusia yang bertingkah laku seperti hewan. Karya-karya satir sebuah karikaturpun bukan hanya terlihat di Indonesia saja. Pada abad ke 18 pun ini memang sudah sering dilakukan hal demikian. 

Sebuah Karya karikatur pada abad 18

Kita bisa lihat kesatiran pada sebuah karya diatas, diciptakan pada abad 18 disebuah negara Inggris. Maka hal ini sudah tidak dapat dielakkan kembali. 


Salam Kreatif, 


@rie fabian 

Reaksi Tulisan :

2 comments:

  1. hebat ni bpk arief pak sy pengen kirim karikatur kmn enaknya... dan sy png kyk bpk

    BalasHapus
  2. Publish pada blog pribadi, jika mau dipublish di blog saya, kirim saja karikatur dan nama Anda serta blog Anda, nanti akan saya kasih link kesana.

    Salam kenal,


    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.