Iklan :

2 Oktober 2011

Mengenal beberapa media pada digital Printing


Dewasa ini digital printing menjadi banyak sekali jenisnya. Ada yang bicara cetak kartu nama dengan menggunakan digital printing lebih cepat dari offset, ada yang berkata kalau ingin membuat spanduk ke digital printing aja. Lalu apa sebenarnya digital printing itu sendiri ? 

Digital printing itu sebenarnya mempunyai pengartian mencetak dengan cara digital. Dimana cara digital itu tidak menggunakan film dan plat. Film dan Plat adalah sebuah media untuk membuat sebuah master pada jenis mesin cetak Offset.

Jika kita melihat pada proses mesin cetak offset menggunakan film (plastik transparan) dan plat (plat seng) untuk membuat satu rangkaian kegiatan cetaknya, tidak demikian pada digital printing. Digital printing prosesnya, masukan file print and get the result. Itulah perbedaannya. 

Jadi dasarnya mencetak dengan jenis digital printing sama prosesnya dengan kita mencetak pada printer rumahan kita. Namun yang mencolok adalah mencetak dalam ukuran besar tentu kita tidak dapat menggunakan printer rumah kita. Dan satu perbedaan lagi Printer yang bisa mencetak pada kertas yang tebal seperti kertas Art karton 260 gr itu sangat mahal sekali harganya, yang tidak memungkinkan kita memeliharanya dirumah. 

Maka dari itu kita perlu gerai printing yang mereka sering namakan digital printing. Pada digital printing ini ada dua jenis, yang pertama digital printing khusus yang menangani kertas saja, ada juga digital printing yang mengurusi kebutuhan outdoor dan indoor. Namun ada juga beberapa yang menangani keduanya. 

Jika kita datang kepada tempat digital printing yang pertama (untuk kertas saja) maka biasanya untuk standard mesin yang mereka gunakan adalah HP Indigo. Printer yang bisa mencetak untuk kertas yang tebal (art karton 260 gr). Ini sangat membantu para designer dalam menyelesaikan kerjaannya untuk membuat mock up atau dumy sebuah designya. 


Bisa dipastikan harga untuk mesin ini memakan biaya minimal 500 jutaan. Maka tadi saya bilang tidak akan mungkin seorang designer freelance memelihara ini dirumah untuk kepentingan mendesign saja. Resiko invesatsinya terlalu besar. 

Nah untuk digital printing yang satu ini biasanya menyediakan media-media kertas seperti : 

- Kertas Art Papper 90 - 150 gr  (kertas yang biasa digunakan untuk membuat brosur). 
- Kertas HVS 70 - 100 gr 
- Kertas Fancy (Conqueror, concorde, dll)
- Kertas Art Karton 180 - 260 gr. 

Mesin ini memang cocok untuk membuat brosur yang skalanya sedikit. Membuat kartu nama yang hanya 2 sampai 3 box, dsb. Mesin ini dianggap lebih efisien dan lebih ekonomis untuk membuat cetakan dalam skala kecil. Karena dengan mesin ini kita tidak perlu menggunakan plat dan film untuk mencetaknya. Area Print pada mesin Hp Indigo dan kelasnya bisa sampai dengan ukuran A3 +, yaitu 45 cm x 35 cm (sama dengan mesin offset speed master 35 x 50). 

Digital printing untuk jenis ini sekarang sudah banyak kita temui dipinggir jalan. Subur Printing merupakan workshop penggagas untuk digital printing jenis ini. Jejaknya diikuti oleh snappy, print press dan sekarang banyak sudah kita bisa jumpai nama-nama pemain baru pada pinggir jalan ibukota kita ini. 

Jenis kedua adalah digital printing yang berbicara untuk outdoor dan Indoor. Yaitu digital printing yang menggunakan mesin-mesin paling kecil berlebar 1,2 meter. Mesin yang digunakan ada dua jenis, mesin indoor mulai dari Hp, epson sampai dengan mimaki, dll. Mesin Outdoor menggunakan varian Konika series, Mimaki, dll. 

Media yang digunakan untuk mesin ini adalah : 

Indoor : 
- Albatross  (bahan yang digunakan untuk pembuatan x banner seperti poster). 
- Duratrans (bahan plastik yang dicetak miror/terbalik untuk digunakan sebagai kebutuhan neonbox). 
- Sticker vynil 
- Sticker Transparan
- Sticker Matt

Outdoor : 
- Bahan Fleksi (bahan yang digunakan untuk spanduk-spanduk toko). 
- Sticker Vynil.

Bahan fleksi mempunyai beberapa varian kembali. Bahan fleksi diukur kemahalannya dari negara pembuatnya mulai dari bahan fleksi swiss (yang paling mahal) sampai dengan bahan fleksi China (yang termurah). 

Perbedaan yang mencolok jika anda ingin memastikan ini digital printing jenis pertama atau kedua, anda bisa melihat promosi yang mereka sampaikan lewat spanduk atau papan nama mereka. Jika mereka menyebutkan outdoor/indoor maka ini bisa dipastikan sebagai jenis digital printing yang kedua. 

Silahkan pilih berdasarkan kebutuhan anda. Yang baik dan bijak adalah anda mengetahui apa yang mereka kerjakan baru anda memasuki workshop mereka tersebut. Karena jika anda tidak mengetahui dengan persis maka banyak pula dari mereka yang akan mempersulit anda. 


Salam Kreatif, 


@rie fabian 





Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.