Iklan :

2 Oktober 2011

Arti dan makna logo Kota Surabaya

Ada yang udah tahu kenapa Ikan dan Buaya ? kalau yang udah tahu silahkan baca artikel yang lainnya, bagi yang belum tahu mari ikuti postingan dibawah ini. 

Kenapa Ikan dan Buaya, konon pada jaman dahulu kala terjadi peperangan antara ikan dan Buaya. Sesuai dengan namanya sura dan baya. Sura itu ikan dan Baya itu berarti Buaya. Sejarah untuk Kota Surabaya ini memang menuai banyak versi.

karena menuai cerita sejarah yang banyak versi maka Lambang kota Surabaya ini ditetapkan melalui surat keputusan oleh DPRS kota Surabaya. Surat Keputusan itu bernomer 34/DPRDS/19 Juni 1955 dan diperkuat dengan keputusan Presiden No 193 tahun 1956 tanggal 14 Desember 1956 yang isinya : 

Lambang berbentuk perisai segi enam yang distilir (Gesty leerd), yang mempunyai maksud melindungi kota besar Surabaya. 

Lukisan tugu pahlawan melambangkan kepahlawanan putera-puteri Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan melawan kaum penjajah. 

Lukisan Sura dan Baya yang mempunyai arti Sura ing Baya yang melambangkan sifat keberanian putera-puteri Surabaya yang tidak gentar menghadapi suatu bahaya. 

Warna dari biru, hitam, perak (putih) dan kuning (emas) dibuat sejernih dan secemerlang mungkin agar dapat menghasilkan warna lambang yang cemerlang. 

Jadi isi dari surat keputusan itu tidak menjelaskan arti dari warna yang digunakan. Namun kita bisa melihat dari catatan sejarah bahwa Indonesia memang kaya akan cerita sejarah. 


Refrensi : 
- Wikipedia 
- http://kelurahantegalsari.wordpress.com/2009/04/15/coba-berita/




Salam Kreatif, 



@rie fabian 


Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.