Iklan :

6 Oktober 2011

Creative Planner menurut saya


Jika kita berbicara tentang definisi dari Creative = kreatif =  memiliki kemampuan dalam mencipta. Maka  kata Planner nya sendiri adalah merencanakan. 

Apakah hanya seorang designer saja yang bisa dibilang kreatif ? Lalu bagaimana dengan hasil implementasi dari design itu sendiri ? Jadi menurut anda designnya atau hasil jadi dari designya yang disebut kreatif ?

Maka jika menurut pendapat saya pribadi adalah hasil dari keseluruhan dari kegiatan itu sendiri. Bukan hanya designya maupun hasil dari designya (mock up). Bagaimana dengan orang yang merencanakan dari a sampai z ? apakah itu bisa dibilang kreatif juga. 

Seorang Creative Planner adalah merencanakan sesuatu yang belum ada dan merancangnya menjadi sesuatu yang bisa kita nikmati bersama hasilnya. Sebagai contoh jika kita ingin membuat satu workshop didalam mall lalu kita lihat kanan kiri kita betapa menariknya mereka membuat satu kesatuan workshop mereka menjadi hangat, menarik dan sangat nyaman.  Maka kita bisa menggunakan jasa dari seorang creative planner untuk membuat posisi anda menjadi beda dengan apa yang sudah ada pada kanan kiri anda. 

Jika seorang designer tugasnya hanya membuat satu konsep gambar saja, tidak demikian dengan creative Planner. Dia mengerjakan itu semua menjadi satu unity yang kuat yang akan melahirkan satu diferensiasi pada tempat yang ingin anda bangun. Bukan hanya dari segi design saja. Tapi dia juga akan merencanakan sampai tahap produksi dan implementasinya. 

Jika pada satu tatanan layout untuk sebuah tempat yang berbau untuk usaha memang akan banyak memakan sumber daya manusia. Mulai dari Graphic Designer, Interior Design, bagian produksi dan Implementasi, dll. Maka seorang creative Planner akan membuat perencanaan tersebut satu persatu, lalu mereka akan mengerjakan dan organize semua resource yang terlibat. 

Lalu bagaimana dengan anda ?, yah anda lagi-lagi tinggal duduk manis untuk menikmati hasil-hasil presentasi dari Seorang Creative Planner. 

Seorang Creative Planner juga mempunyai strenght and Passion sendiri-sendiri. Ada yang memang mereka khusu untuk menangani sebuah event saja, mengurus mulai dari media-media promosi pra event, Waktu event dan materi visual diluar dari graphic design (Animasi untuk Giant Screen), dll. Ada pula yang mereka mempunyai passion pada interior ruang usaha. Jadi mereka memiliki passion nya masing masing. 

Berbicara tentang creative planner sama halnya berbicara masalah rasa. Anda bisa melihat dari mulai yang mereka sudah kerjakan sampai dengan yang akan mereka tawarkan. Creative Planner harus mempunyai wawasan yang lebih luas dari seorang designer, arsitek, interior design, dll. Maka dari itu Seorang Creative Planner harus menguasai beberapa elemen, agar pada saat implementasinya tidak berubah jauh dari apa yang akan telah dipresentasikannya. 

Design merupakan bagian, dan implementasinya juga merupakan bagian dari yang lainnya. Maka satu kesatuan yang utuh adalah hasil akhir. Maka kita bisa membedakan antara designer, production, Implementation dan Creative Planner. 


Salam Kreatif, 


@rie fabian

Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.