Iklan :

17 Oktober 2011

Apa itu motion Grafis ?


Motion Grafis ?
Motion Grafis adalah sebuah teknik pengembangan dari design grafis. Motion Grafis sering digunakan untuk dunia perfilman/broadcasting dan iklan. Motion grafis merupakan teknik penggabungan gambar ilustrasi, kartun, typografi, dan elemen artistik lainnya. 

Motion grafis lebih akrab dengan teknik gambar yang dipadukan dengan musik menjadi satu gambar yang bergerak atau yang dinamakan animasi. Ini usaha mentiga dimensikan artwork. walaupun pada teknikalnya nanti tidak menggunakan gambar 3 dimensi namun tetap dimensionalnya sudah 3 dimensi.

Karena kita bisa melihat, mendengar dan merasakan. Jika pada design grafis saja sebuah media yang bersifat 2 dimensi pada motion grafis bagunan dimensinya sudah 3 layer. Dalam dunia Brodcasting Motion Grafis sangat diperlukan untuk membuat : 

OBB/CBB : Opening Bumper program atau clossing Bumper program. untuk Opening program biasanya berdurasi 15 detik  dan sedangkan untuk clossing program per segment itu sekitar 5 detik. 

Graphic News : Pembuatan ilustrasi animasi untuk konten dari berita tersebut. 

Graphic Promo : Materi animasi untuk pembuatan program promo 

Bumper Flash/Slomo : Grafis yang berada pada program-program olahraga, biasanya bisa kita lihat jika ada adegan replay pada sebuah tayangan. 

Teaser : Graphic sebelum clossing segement, bertuliskan next, selanjutnya dan yang lainnya. 

Video Looping : Graphic yang digunakan pada layar LED pada sebuah tayangan, kita bisa melihat contohnya ada pada sebelum tayangan bola mulai para komentator berbicara dengan background atau latar belakang LED dengan memainkan Video Looping lambang club sepak bola yang akan bertanding. 

Print Ad untuk kebutuhan Off air : Product graphic animasi yang dibuat pada media cetaknya untuk publikasi off air. 

Melihat dari kebutuhan diatas maka sudah tidak bisa disanggah kembali seorang motion graphic memang sangat diperlukan dalam dunia brodcasting. Di indonesia sudah banyak studio-studio Independent yang khusus bergerak pada jasa pembuatan Motion Graphic. 

Harga dari karya seorang motiongrafis bervariatif dan satuan hitungannya menggunakan satuan detik. Semakin lama durasinya maka semakin mahal harga yang akan kita bayar untuk sebuah karya yang mereka hasilkan. 

Helo motion salah satu sekolah yang khusus untuk mengajarkan kita membuat sebuah karya Motion Grafis. Selain Hello Motion ada juga digital Studio dan masih banyak lagi lembaga pendidikan yang mengadakan konsentrasi ilmu ini. 

Motion grafis juga sudah masuk pada mata kuliah pada jurusan Design Komunikasi Visual (DKV). Dan FDGI (Forum Design Grafis Indonesia) pun sudah memisahkan antara forum Design grafis dan Motion Grafis itu sendiri. 

3D animation merupakan bagian ornament dari motion grafis. Sebab untuk membuat karya motion grafis tidak harus dituntut menggunakan software 3 dimensi. Software-software untuk motion grafis : 

- Adobe After Effect 
- Adobe Priemer
- Combustion 
- Final Cut Pro (mac) 
- Xvid 
- dll 

Lebih banyaknya mereka memainkan satu komposisi animasinya. Contoh diatas merupakan salah satu contoh video yang saya donwload dari youtube untuk sample animasi Typografi. Itulah saya namakan tajuk disamping kiri saya adalah visual communication, karena pembahasan topiknya akan meluas tidak hanya cakupan graphic design saja. 

Mari berbagi ....... 


Salam Kreatif, 


@rie fabian 

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.