Iklan :

20 September 2011

Sejarah penting dalam evolusi logo Pertamina


Lupa yah kalau bentuk logo Pertamina awalnya seperti ini. Lalu sekarang yang sudah kita sering lihat merupakan bentuk evolusi dari logo Pertamina yang baru. Simak yuk. 

Logo pertama dari Perusahaan Negara Pertamina ini adalah dua kuda laut mengapit bintang. Dengan menggunakan warna biru, merah dan kuning. Pertamina yang didirikan melalui Peraturan Pemerintah  (PP) no.27 tahun 1968 ini pertama kali menggunakan logo kuda laut tersebut.

Lalu keputusan direksi Pertamina 914/kpts/dr/du/1971 secara resmi memberlakukan logo ini sebagai simbol dari PT. Pertamina.  Yang dalam uraiannya disebutkan : 

1.1 Bentuk lambang adalah simetris berisi-empat-lengkung;
1.2 Bintang bersudut lima berwarna kuning emas;
1.3 Bintang diapit oleh 2 ekor kuda laut berwarna merah  yang saling berhadapan 
1.4 Ekor kuda laut dihubungkan dengan pita berwarna kuning ;
1.5 Pita kuning bertuliskan Pertamina dengan warna merah;
1.6 Dasar Lambang berwarna biru
1.7 Garis-garis hitam dalam bintang harus lebih tipis dari countur bintang;

Dengan pemaknaan lambang, arti dan makna yang terkandung dalam tiap unsur dalam lambang Pertamina adalah :

1.8 Bintang bersudut lima : Tenaga (kekuatan) pendorong dalam melaksanakan suatu tugas untuk mencapai cita-cita Nasional;

1.9 Kuda Laut : Fosil-fosil yang mengandung minyak dan mempunyai daya hidup yang besar;
1.10 Pita (banner) : Ikatan penggalang persatuan dan kebulatan tekad;
1.11 Warna merah : Keuletan, ketegasa dan keberanian dalam menghadapi pelbagai kesulitan;
1.12 Warna Kuning : Keagungan cita-cita yang hendak dicapai dalam ketekunan dan penuh keyakinan;
1.13 Warna Biru : Kesetian kepada Tanah air, dasar negara Pancasila dan dasar (lambang) UUD 1945;

Itulah sebuah keputusan yang terlahir dari direksi PT. Pertamina kala itu. Yang menegaskan dari bentuk hingga sebuah makna dari logo tersebut. Kita dapat merasakan sebuah landasan yang sangat nasionalis sekali pada filosofi logo tersebut. 

Lalu pada tahun 2005 PT. Pertamina mengganti logonya sebagai berikut : 


Kita dapat melihat evolusi dari sebuah logonya. Dari hal yang sangat filosofis terkonversi menjadi sebuah logo yang sangat simple. Ini didorong oleh satu kompetisi yang baru dimulai dengan masuknya beberapa competitor dari mereka seperti Shell, petronas, dll. 

Elemen logo PT. Pertamina (persero) membentuk huruf ‘P’ yang dikukuhkan dan diberlakukan terhitung mulai tanggal 10 desember 2005, melalui konferensi pers pada pukul 16.30 wib. Setelah terdaftar dengan surat pendaftaran ciptaan no. 028344 tertanggal 10 oktober 2005 pada Direktorat Hak Cipta,
Desain Industri, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang Departemen Hukum dan HAM RI. Dengan pemaknaan logo warna-warna yang berani menunjukkan langkah besar yang diambil Pertamina tercermin pada tiga bidang belah ketupat, dan aspirasi perusahaan akan masa depan yang lebih
positif dan dinamis, dimana :

2.1. Biru mencerminkan : Andal, dapat dipercaya dan bertanggung jawab;
2.2. Hijau mencerminkan : Sumber daya energi yang berwawasan lingkungan;
2.3. Merah mencerminkan : Keuletan dan ketegasan serta keberanian
dalam menghadapi berbagai macam kesulitan;

Pergantian logo ini mendapat banyak kecaman dari berbagai kalangan. Pergantian logo ini banyak yang memandang penghambur-hamburan uang dan menilai tidak lebih baik dari logo awalnya. Dan jelas pergantian logo ini membutuhkan biaya yang sangat mahal sekali. Konon dikabarkan menghabiskan dana 2.5 milyar untuk membuat logo ini. 

Pembuat dari logo yang baru ini adalah perusahaan design dan konsultan merk yang berdomisili di San Fransisco yang bernama Landor. Landor memang sebuah perusahaan yang mempunyai portofolio yang banyak dalam menangani merk-merk yang terkenal. 

Setelah pergantian logo ini Pertamina selalu membenahi diri dalam bidang pelayanan maupun produk. Kita bisa lihat selain logo ini Pertamina juga mengeluarkan Icon Pasti pasnya disetiap partner atau SPBU-SPBU dari Pertamina ini sendiri. Lalu pertamina mulai mengekspor produk-produk oli nya keluar negeri dengan menggunakan logo barunya. 

Kini mereka bersugesti ria dengan logo baru maka semangat barupun timbul untuk mengekspansi lebih dari yang kemarin mereka lakukan. Saya melihat mereka berhasil belajar dari kompetitor mereka yang menjajakan produknya lintas bangsa. Apapun yang sudah dilakukan oleh Pertamina dengan logo-logonya tetap sebuah hasil yang positif yang tidak bisa kita lihat sebelah mata saja. 

Mahal bukan kendala lagi untuk satu pencapaian yang maksimal. Maka memang perlu kita pertimbangkan tentang kemasuk akalan membuat satu gerakan positif yang baru dengan logo baru. Mungkin Pertamina bisa dibilang sukses dalam memberikan nyawa pada logo barunya, dan tidak banyak pula yang mengganti logo baru tapi tetap dengan semangat yang lama. 

Memang sudah seharusnya demikian dengan satu perkembangan dari sebuah bisnis. Grafik itu yang seru turun naik. Maka jika sudah turun mengganti semangat adalah hal yang paling bijak diperlakukan untuk sebuah perusahaan. Dengan mengganti logo tentunya sudah menjadi satu kebiasaan yang baru bagi beberapa perusahaan. 




Sumber Refrensi : 
Kaskus.


Salam kreatif, 



@rie fabian




Reaksi Tulisan :

2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.