Iklan :

24 September 2011

Era Optic Art

Awas Pusing melihat gambar ini !!!

Optic Art adalah satu pergerakan seni dari abad 20. Gaya seniman pada saat itu selalu berusaha untuk menciptakan sebuah kesan gerakan pada permukaan gambar dengan menggunakan cara ilusi pada optik. 

Hal ini sering disebut dengan Optic Art (Op art).  Dalam dunia seni pada tahun 1960 era Optik art ini berjaya. Op art ini lebih banyak menghasilkan karya dalam bentuk hitam putih.

Op art ini bermula dari konstruktivis Bauhaus (sekolah yang berada di Jerman). Sekolahan tersebut didirikan oleh Walter Gropius. Dan pada tahun 1965 diadakan pameran yang diberi judul The Eye Responsif, yang dibuat oleh William C. Seiz yang diadakan pada musium Art di New York City, beragam karya dipajang disana.  

Dan semenjak itu sebuah seni Op art menjadi populer dan akhirnya dikomersilkan. Pola pada Op art ini biasanya menggunakan metode garis, lingkaran dan kotak segi empat. Op art ini sering digunakan pula untuk seni dengan metode mimikri. Dan pada Op art ini tidak selalu menggunakan unsur hitam putih saja, banyak pula Op art yang menggunakan warna. 

Contoh Op art dapat kita lihat sebagai berikut (baik yang hitam putih maupun berwarna) : 










Implementasi Op Art pada Fashion

Nah kita dapat melihat sebuah konsep Op art yang lebih mendalam kepada ilusi mata dan mimikri. Kita hanya melihat gambar dalam perwujudan yang seperti diatas jelaskan (kotak, garis, dll). 



Salam kreatif, 



@rie fabian 


Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.