Iklan :

8 September 2011

Alat yang digunakan untuk menjadi designer


Kenapa designer identik dengan Apple ? yah karena memang apple lah sebuah media yang menyediakan sarana terbaik untuk seorang designer. Wah apple kenyataannya banyak gak support dengan beberapa program grafis ? kata siapa ? itu dulu, sekarang hampir semua pogram grafis support untuk apple hanya terkecuali 3D max. Tapi gak usah kawatir karena saya menggunakan maya untuk mengganti 3D max, sama aja kok hasilnya. 

Tapi ini hanya populernya saja. Tidak sedikit pula designer yang menggunakan PC dan mempunyai hasil yang maksimal. Karena saya bilang "Alat canggih tidak menjamin design bagus". Tapi konsep yang bagus dapat memungkinkan mendapatkan hasil yang bagus. 

Jadi apa saja yang dibutuhkan, mari kita lanjutkan ... 

Komputer, Komputer sudah merupakan keharusan untuk menjadi seorang designer. Nah ini kembali lagi bervariatif sekali. Jika anda hanya ingin menjadi seorang Graphic designer maka yang diperlukan adalah PC Pentium IV gak usah pakai core-core an juga gak apa-apa, karena graphic designer hanya membutuhkan software :

- Adobe Photoshop
- Adobe Illustrator
- Corel Draw
- Adobe In Design 

Tidak membutuhkan software 3D. Nah jika memang anda ingin menjadi Graphic designer plus (dengan menambahkan feature 3D nya) maka yang diperlukan adalah PC yang menggunakan core sebaik mungkin. Untuk PC dibutuhkan sebuah VGA card yang baik untuk mendukung baik untuk graphic designer saja atau yang plus. 

Selain VGA Card yang baik pertimbangkan menggunakan memory minimal 1 Gb. Ingat walaupun hanya photoshop pada saat sekarang Aplikasi itu sudah sangat berat apalagi anda menggunakan feature 3D pada Photoshop itu sendiri. 

Sangat diharapkan anda menggunakan Monitor yang standard, saya prefer kepada Samsung dan LG. Kenapa Monitor menjadi pertimbangan ? karena Monitor ini dianalogikan sebagai mata anda. Jika anda menggunakan Monitor yang tidak standard pada saat design anda masuk ke Percetakan akan mengalami perunbahan warna yang signifikan, dan ini tentu akan merepotkan anda sendiri, dikarenakan design anda telah di Approval dari client. 


Jaman sekarang jika kita berbicara PC rumah seperti membicarakan hal yang konvensional. Dimana orang sudah memilih bekerja menggunakan Laptop. Memang benar laptop sangat mobile membuat kita mudah bekerja ditempat client maupun di tempat kita (kantor atau rumah). Namun harap diingat kemampuan Laptop dan PC rumah sampai dimanapun pasti lebih baik PC, walaupun speknya sama namun tetap saja resistor yang dikonversi menjadi kecil tidak akan sama hasilnya dengan resistor aslinya. 

Jika anda menggunakan Apple maka anda cukup membeli Macbook Pro minimal 13 Inch maka semua sudah tidak perlu pusing lagi memilih VGA Card yang baik, Memory merk yang bagus,  dan monitor tidak standard, karena itulah saya memilih menggunakan Mac, karena saya punya pengalaman yang kurang menyenangkan memelihara PC, walaupun kadang saya masih membuat design menggunakan PC yah. 

Setelah PC maka anda harus memikirkan Printer. Printer yang baik adalah printer yang memiliki harga diatas 1 jutaan. Ini berita buruk yang harus saya sampaikan. Karena biar bagaimana pun sang vendor memberikan tentang kelebihan-kelebihan printer namun kalau menurut saya pribadi tetap angka tidak bisa berbohong untuk kualitas. 

Untuk merk saya katakan variatif, karena tekhnologi sekarang saling kejar-kejaran antara vendor satu dengan yang lainnya. Lalu setelah itu yang anda perhatikan adalah Scanner. Untuk scanner tidak perlu mahal-mahal. Tinggal lihat kebutuhannya saja. Yang penting ada, karena barang ini sangat dibutuhkan untuk melengkapi kelengkapan kerja dari seorang designer. 

Hardisk External, Kenapa hardisk external kini menjadi kewajiban. Percaya dengan saya, data sekarang besar-besar. Sebesar apapun data dalam hardisk internal anda pasti habis. Belum lagi jika anda mendesign pada sebuah PC rumah maka untuk memindahkan data atau menyimpan data untuk anda presentasikan kepada client pasti membutuhkan hardisk External. 

Dan yang terakhir adalah, Sambungan Internet. Untuk apa ? yah untuk membuka blognya www.ariefabian.blogspot.com lah. Kan banyak artikel yang bermanfaat disana, he he he. (just kidding). Intinya bukan itu, jadi kita memang sangat membutuhkan materi untuk presentasi kepada client. Loh kenapa gitu ? Anda harus mengumpulkan cerita atau filosofilah bahasa kerennya untuk design anda. 

Tidak cukup anda mengatakan dasar design ini terbentuk dari kotak, maka sang client merasa dibodoh-bodohi karena anak bayi pun tahu kalau itu adalah kotak. Lebih jelasnya kenapa kotak itu anda berikan, dan dasar apa kotak itu menjadi dasar pemikiran anda. Maka dari itulah seorang designer harus mengerti sejarah, budaya dan bahasa. Agar mengerti duduk masalah design yang anda buat. 

Setelah semua sudah lengkap masih ada lagi, Loh ???? katanya tadi terakhir. Iya peralatannya sih sudah cukup, tinggal berdoa sekarang. Berdoa kepada sang Maha Kuasa bahwa anda ingin menjadi designer, he he he he. Gak boleh lupa itu. 

Mantab ... Sudah semua sekarang tinggal berangkat. Berbuatlah yang kreatif dan konsep yang kreatif. Ingat yah sebagus apapun alat anda itu semua merupakan pendukung saja, intinya ada pada anda. 



Salam Kreatif, 



@rie fabian 

2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.