Iklan :

8 Agustus 2011

Maksud dari warna seragam Tentara.


Pernah terlintas dibenak anda kenapa warna seragam tentara selalu bercorak/motif ?  dan ingin tahu motif apa yang digunakan oleh tentara ini ?  Yuk kita lihat ... 

Pembahasan kita kepada apa warna motif dari baju tentara. Yang ingin saya bahas adalah Tentara Indonesia dahulu pada postingan ini.

Perlu diketahui tentara Indonesia ini sudah berganti motif sebanyak 3 kali. Motif yang pertama digunakan oleh Tentara Indonesia adalah motif Loreng Macan masalah maksud dan tujuan dari motif ini satu alasanya yang akan saya bahas nanti. Yang kedua motif yang digunakan oleh tentara kita adalah motif daun anggur dan yang ketiga atau yang sekarang digunakan adalah motif Camo Woodland. 

Sayang saya tidak bisa mendapatkan gambarnya untuk motif yang pertama dan kedua. Kalau motif yang ketiga kita bisa melihat yang digunakan oleh tentara kita. 

Lalu masalah arti dari warna/motif tersebut dibedakan juga berdasarkan area atau landscape dinegara itu. Berhubung kita berdaerah Tropis maka menggunakan corak-corak camo woodland tadi. Sedangkan untuk yang berdaerah-daerah balkan banyak menggunakan motif-motif flektran.

Tujuan motif ini adalah untuk melakukan penyamaran dalam sebuah peperangan. Jadi sebenarnya warna ini membuat seorang tentara dapat menjadi kamuflase dengan alam sekitar. Maka dari itu tadi saya sebutkan ini semua tergantung dari daerahnya. Jika kita melihat warna dalam coraknya adalah warna-warna yang dapat berkamuflase dengan alam sekitarnya. Agar dalam melakukan tugas pertempuran mereka dapat terlihat satu dengan alam. 

Nah begitu jadi jawabanya, kita mungkin sering melihat mereka berjalan atau melintas didepan kita tapi mungkin kita tidak pernah tahu kenapa mereka menggunakan motif tersebut. Untuk seorang designer kita memang harus banyak tahu. 

Selamat berkreasi, 


@rie fabian 



Reaksi Tulisan :

0 comments:

Poskan Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.