Iklan :

25 Agustus 2011

Hasil temuan dari Johann Gutenberg untuk percetakan


Siapa yang tidak kenal dengan Bapak yang satu ini. Beliau merupakan salah satu pelopor pembaharu tipografi dalam dunia design dan cetak. 

Menjelang abad XV, tepatnya tahun 1455 masehi telah terjadi kemajuan yang pesat. Johann Gutenberg dari Mainz, Jerman, menemukan huruf cetak timah yang dapat digerakkan (disusun dan dipindah-pindah).

Pada Jaman sebelumnya sebagian besar buku ditulis menggunakan tulisan tangan, nah kebayang deh tuh gimana caranya memproduksi 1000 buku. Sebagian lainnya diukir diatas balok kayu. Itu pasti memerlukan waktu yang sangat lama untuk memproduksi masal sebuah barang cetakan. Dengan Notabenenya harga buku pada saat itu menjadi sangatlah mahal. Maka hanya orang-orang kaya dan kalangan Universitas yang dapat membeli sebuah buku. 

Penemuan Guttenberg berhasil merubah keadaan tersebut. Dari sejarahnya Guttenberg lahir memang dari keluarga yang kaya. Beliau sangat terampil dalam mengolah logam. Dan dari ketermpilan itulah beliau menemukan cara untuk mencetak huruf. 




Huruf dibuatkan kepada cap logam, lalu dipasang untuk menyusun kata-kata dan diatur sehingga buku menjadi penuh. Rangkaian cap logam tersebut dilumuri dengan cat atau tinta, kemudian dicapkan kepada kertas dengan menggunakan alat cetak tekan yang dibuatnya secara khusus. 

Teori ini juga digunakan oleh pembuat moulding untuk satu packaging. Dimana tetap ada master moulding untuk memproduksi masal sebuah packaging pada jaman sekarang. 

Selain buku, Guttenberg berhasil mencetak barang yang lainnya. Sebuah karya yang sangat terkenal pada saat itu adalah beliau mencetak Injil 42 baris setiap halamannya dengan sebutan Injil Guttenberg. 

Dia mencetak Injil dengan huruf yang lainnya. Dan berhasil mencetak 300 kopi Injil pada jaman itu. Keseluruhan dari buku injil tersebut terdiri dari 1200 halaman tebalnya dan menghabiskan banyak waktu dan uangnya. 

Sayang biografi dari beliau berakhir tragis. Beliau meninggal dalam keadaan sangat miskin yang tidak sebanding dengan hasil temuannya yang inovatif dan menjadi cikal bakal percetakan pada masa sekarang. 

Namun satu hal yang selalu diingat adalah semangat beliau dalam mengembangkan kreatifitasnya. Dimana pada dasarnya beliau adalah satu orang yang sangat berkecukupan awalnya bertaruh untuk membuat satu inovatif untuk dunia percetakan yang baru. 

Maka kita memang harus terus bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga artikel saya dapat menambah pengetahuan bagi pembaca blog saya ini. Mari berbagi. 




Salam Kreatif, 




@rie fabian 










0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.