Iklan :

25 Juli 2011

Makna dan Symbol Aum/Om



Symbol diatas merupakan salah satu symbol yang digunakan oleh umat Hindu, Sekilas nampak seperti huruf arab namun ini bukan huruf arab. Untuk mengetahui makna dan maksud dari symbol ini silahkan lanjutakan halaman ini. 



Om suku kata terdiri dari Aum suara tiga (dalam bahasa Sansekerta, vokal dan u menggabungkan untuk menjadi o) dan simbol itu tiga alam adalah pusat maknanya. Ini merupakan triad penting yang.





tiga dunia - bumi, atmosfer, dan surga
tiga besar dewa Hindu - Brahma, Wisnu, dan Siva
tiga kitab suci Veda - Rg, ​​Yajur, dan Sama
Jadi Om mistis mewujudkan esensi dari seluruh alam semesta. Makna ini lebih diperdalam oleh keyakinan filosofis India yang Allah pertama kali menciptakan suara dan alam semesta muncul dari itu. Sebagai suara yang paling suci, Om adalah akar dari alam semesta dan segala sesuatu yang ada dan terus menyimpan segala sesuatu bersama-sama.

Suku kata dibahas dalam beberapa Upanishad, yang merupakan teks-teks spekulasi filosofis, dan membentuk subyek seluruh satu, Mandukya tersebut.


Suku kata dibahas dalam beberapa Upanishad, yang merupakan teks-teks spekulasi filosofis, dan membentuk subyek seluruh satu, Mandukya tersebut.

AUM adalah busur, panah adalah diri,
Dan Brahman (Realitas Mutlak) dikatakan menandai.
(Mandukya Upanishad)

Inti dari semua makhluk adalah bumi.
Inti bumi adalah air.
Inti dari air tanaman.
Inti dari tanaman adalah manusia.
Esensi manusia adalah pidato.
Inti dari pidato adalah Rgveda.
Inti dari Rgveda adalah Samveda.
Inti dari Samveda adalah OM.
(Chandogya Upanishad)

Semua kegiatan yang orang mulai dengan mengucapkan OM suku tidak gagal berbuah.
(Komentar Shankaracharya di Upanishad Taittriya 1.8.1)
Dalam Purana Om suku menjadi terkait dalam berbagai cara dengan sekte-sekte kebaktian Hindu utama. Saivites menandai lingam (simbol Siwa) dengan simbol untuk Om, sementara Vaishnavites mengidentifikasi tiga suara sebagai mengacu pada trinitas Wisnu, istrinya Sri, dan penyembah.


Sebuah besar Om sebagai latar belakang ke kuil kuil di Jaipur, India. Foto: digitaura.
Om diucapkan pada awal dan akhir mantra Hindu, doa, dan meditasi dan sering digunakan dalam ritual Budha dan Jain juga. Om digunakan dalam praktek Yoga dan berhubungan dengan teknik meditasi pendengaran. Dari abad ke-6, simbol tertulis dari Om digunakan untuk menandai awal dari sebuah teks dalam naskah atau prasasti. Om Parvat, puncak suci di 6191m di Himalaya India, dipuja untuk pola deposisi yang menyerupai salju nya Om.


sumber : http://www.religionfacts.com/hinduism/symbols/aum.htm

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.