Iklan :

25 Juli 2011

Gambar dan lukisan pada jaman Hindu


Jika kita ingin membuat sebuah design maka kita harus kenal dengan sejarahnya terlebih dahulu seperti mana kita dalam membuat sebuah konsep dan satu kesatuan untuk karya kita. Apakah kita harus melakukan seksplorasi sejauh-jauhnya ?, saya bilang itu sangat perlu untuk mendapatkan satu ilustrasi cerita tentang sebuah symbol, patung, arca, ornament itu tercipta. Jangan sampai salah anda mengartikannya karena ini sangat sensitif sekali sifatnya. Sebuah sejarah tidak akan bisa diubah dari sudut pandang apapun juga. Karena inilah cikal bakal sebuah kepercayaan akhirnya yang dianut oleh beberapa lapisan masyarakat.

Saya ingin mengungkapkan tentang artikel ini bukan membahas agama dan perbedaan agama, harap diingat, saya hanya ingin sedikit mengekplorasi tentang sejarah terciptanya coretan - coretan, dan sebuah ornamen-ornamen itu terbuat jika kita sudah mengetahui ornamen itu lahir dari tahun berapa dan pada jaman apa ornamen itu dilahirkan akan membawa sebuah perasaan yang sangat mendukung untuk membuat satu karya design anda. 
Mari Kita lihat : 



Menurut dari wikipedia Sejarah agama Hindu adalah : 
Agama Hindu (Bahasa SanskertaSanātana Dharma सनातन धर्म "Kebenaran Abadi" [1]), dan Vaidika-Dharma ("Pengetahuan Kebenaran") adalah sebuah agama yang berasal dari anak benua India. Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan bangsa Indo-Iran (Arya). Agama ini diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM sampai 1300 SM dan merupakan agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga kini.[2][3] Agama ini merupakan agama ketiga terbesar di dunia setelah agama Kristen dan Islam dengan jumlah umat sebanyak hampir 1 miliar jiwa.[4]

Penganut agama Hindu sebagian besar terdapat di anak benua India. Di sini terdapat sekitar 90% penganut agama ini. Agama ini pernah tersebar diAsia Tenggara sampai kira-kira abad ke-15, lebih tepatnya pada masa keruntuhan Majapahit. Mulai saat itu agama ini digantikan oleh agama Islam dan juga Kristen. Pada masa sekarang, mayoritas pemeluk agama Hindu di Indonesia adalah masyarakat Bali, selain itu juga yang tersebar di pulau Jawa,Lombok, Kalimantan (Suku Dayak Kaharingan), Sulawesi (Toraja dan Bugis - Sidrap).

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Hindu

Jika di Indonesia masa kejayaan Hindu amat kita bisa lihat pada satu pulau yang memang identik dengan Agama Hindu yaitu Bali. Pada jaman Hindu ini sudah ada beberapa penorehan karya grafis yang bisa kita lihat pada gambar dibawah ini yang dilakukan oleh beberapa seniman Dunia dan peninggalan sejarah dari kebudayaan Hindu itu sendiri  : 










Kita bisa melihat beberapa ornamen sebuah satu kesatuan karya-karya diatas yang dibuat sebagai penanda dari sejarah jaman itu berada. Dan kita bisa melihat pula beberapa ornamen-ornamen dalam karya mereka memang sangat etnik dan sesuai dengan budaya yang ada pada saat itu. 
Mari membuat karya yang bermakna dan mempunyai arti dan kesan yang dapat dijelaskan tanpa harus dijelaskan. Beri satu aksen memang itu sesuai dengan komunikasi yang diharapkan. Selamat berkarya. 

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.