Iklan :

20 Juli 2011

Kenapa selalu diangka 10.10 ?

Saya berjalan dengan kawan saya kesebuah mall yang berada dibilangan Jakarta Barat. Disana saya melihat - lihat sebuah kemajuan apa yang sedang terjadi diluar sana. Saya melihat beberapa industri kecil sedang sibuk memainkan sebuah replika pesawat terbang dengan remote controlnya. 

Wah pesawat itu besar sekali. Oh ternyata memang kegemaran orang bermain air control sekarang adalah masa klimaksnya. Semua orang baik informasi di media elektronikpun lagi gemar memainkan benda ini. 




Keren banget tapi saya kurang tertarik karena gak
pernah tercetus keinginan untuk mengendarai sebuah pesawat.

Lalu saya melihat beberapa kali sebuah iklan jam, baik jam tangan maupun jam dinding. Lalu saya memberikan pertanyaan kepada teman saya, kenapa Jam tangan itu jika pada sebuah iklan menunjukan pukul 10 lewat 10  terus ? 

Lalu teman saya menjawab, karena angka 10.10 mempunyai sarat mistis yang dipercayai dapat memberikan image yang bagus pada product itu. Saya berfikir dapat dari mana tuh jawaban ? ...
lalu saya pertanyakan kembali kepadanya, "dapat dari mana tuh jawaban ?", tanya saya kepada dia. 
"ngarang aja", jawab dia dengan tersenyum. 

Saya pernah dipertanyakan ini oleh seorang praktisi advertising dan akhirnya saya teringat kembali sekarang pada saat melihat sebuah iklan jam di sebuah mall tersebut. Saya pun kala itu bigung kenapa yah selalu berada diangka 10.10. 

saya pernah dijelaskan pada saat itu, sebuah iklan jam jika kita melihat angkanya itu selalu jarum jam berada diangkan sepuluh dan jarum panjang selalu ada diangka 2. Secara estetika bentuk Jam itu membuka merknya. Dengan satu komposisi itu maka sebuah jam itu akan terlihat merknya. Sebenarnya sesimple itu saja. Lalu bagaimana dengan jam yang merknya tidak diatas. Yah jarumnya akan dipindahkan.  

Seperti yang kita lihat pada komposisi gambar yang tepat disebelah kiri ini. Yap Jarum jamnya akan dipindahkan keangka 5.50, karena merk casionya berada disamping bukan diatas. 

Sesungguhnya hal pertama yang harus clear dilihat orang pada saat membuat sebuah iklan adalah merk. Karena merk merupakan sebuah identitas dari produk, jika produk itu tertutupi oleh jarum yang berputar maka akan terjadi ambigu produk nantinya karena berapa banyak jam tangan maupun dinding yang beredar dipasaran yang mirip - mirip, lah wong yang sudah jelas merknya saja kadang kita harus memeriksanya lagi keabsahan dari merk itu sendiri (banyaknya barang kw2 membuat kita harus lebih teliti) apa lagi yang ditutup-tutupi merknya. 

Jadi itulah hal yang sering kita lihat tapi jika dipertanyakan kita terkadang tidak mengerti kenapa demikian. Dan jawaban kawan saya tadi itu sangat tidak teruji kebenaranya karena dia mengarang dengan memberikan hubungan mistis kepada suatu layout. 





0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.