Iklan :

29 Juli 2011

Bentuk lain dari Logo

Logo merupakan satu identitas perusahaan yang tidak bisa dibantah dialah yang mewakili kita dalam bersaing dengan competitor kita. Logo bukan perihal main-main jika anda berusaha tidak main-main. Banyak perusahaan yang masih menganggap hal ini adalah masalah kecil sehinga diperlakukan secara kecil pula sebagai contoh tidak sedikit pula sebuah persuahaan membuat logo pada designer-designer yang tidak menggeluti konsentrasi dibidang visual komunikasi alhasil yah bisa dibayangkan lah jadinya seperti apa. 

Designer pemula membuat design dengan menggunakan 4 bentuk dasar, kotak, bulat, persegi empat, persegi lima dan segitiga. Dimodifikasi sedikit, ditambahkan ornamen dan bisa ditebak dalam waktu 3 menit logo sudah jadi, fresh from the oven.
Begitu ditanya mengapa demikian ? yah keren aja pak karena ini merupakan hasil dari kita berdua (sang designer dan client) karena ditunggu buatnya. 

Seperti saya jelaskan berkali-kali pada artikel sebelumnya sebuah logo yang benar mempunyai guidline atau manual book untuk bentuk yang lain. 

Seperti kita lihat perihal gambar disamping ini, sebuah logo BNI ini mempunyai dasar warna yang memang sudah dipertimbangkan. 

Logo BNI ini bisa bertemu dengan varian warna yang ada pada sibelakang ini atau logo BNI ini boleh memiliki background warna seperti disamping. Dari mana ini diketahui ? yah dari manual book nya jawabanya. 

Satu contoh lagi adalah coorporate colour dari logo Garuda Indonesia. Sama saja dengan BNI ini. Logo Buatan Landor ini mempunyai guidline yang akan memandu logo ini bilamana bertemu dengan warna lainnya nanti. 

Jadi selain bentuk, pilihan warna lainnya juga menjadi sesuatu yang penting. Bilamana kita menjadi sebuah sponsor event dan logo kita bertemu dengan warna yang sama dengan warna logo kita maka konversi logo akan menjadi seperti apa warnanya, itulah yang harus kita lihat pada manual Book Logo kita. 

Membuat Logo tidak mungkin selesai selama 1-5 jam. Karena permasalahannya bukan hanya bentuknya saja tapi kepada turunanannya. Turunan logo merupakan hal yang tidak bisa dianggap mudah dalam menciptakan satu logo. Kenapa harus sedemikian ribetnya ? 

Logo adalah sarangkaian dari kegiatan brand Activation anda. Pada saat anda ingin mengaktivasi Brand anda maka logo lah yang didepan mewakili Identitas kita. Pertama kali dilihat adalah logo anda bukan bagaimana dengan kinerja anda. Serangkaian aktivasi brand anda inilah yang mem brain wash konsumen anda, nah bisa dibayangkan jika logo kita tidak qualified maka apa yang terjadi ? 

Buatlah logo memang pada orang yang biasa mengerjakan logo beserta manual Guidenya. Bukan selalu bicarakan bentuk tapi bicarakan tentang aktivasi logo anda kedepan kepada designer anda. Bukan bicara sekarang tapi nanti anda akan tertatih-tatih untuk mengarang sendiri serangkaian aktivasi untuk logo anda dan jika mana terlihat tidak siap dan mengada-ada maka anda akan dinilai tidak komitmen kepada perusahaan anda. 

Selamat berkreasi. 

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.