Betapa penting nilai posisi pada sebuah media iklan. Kini iklan berebut dalam menempatkan posisi dimana posisi tersebut adalah menjadi lalu lalang orang dan mata pasti memandang kearah iklan tersebut.
Seperti gambar yang saya ambil melalui Blackberry saya dimana Sebuah iklan diletakkan persis didepan saya pada saat saya hendak membuang air kecil.
Memang iklan tersebut berhubungan dengan produk kesehatan. Namun saya disini melihat sebuah komposisi dimana posisi pada saat sekarang menentukan pembaca iklan.
Selain kompetisi dari posisi ini juga bisa disebut dengan ketatnya persaingan produk. Para produsen berlomba - lomba dalam memajang iklan mereka guna merebut mata untuk para konsumen mereka.
Seperti gambar yang saya ambil melalui Blackberry saya dimana Sebuah iklan diletakkan persis didepan saya pada saat saya hendak membuang air kecil.
Memang iklan tersebut berhubungan dengan produk kesehatan. Namun saya disini melihat sebuah komposisi dimana posisi pada saat sekarang menentukan pembaca iklan.
Selain kompetisi dari posisi ini juga bisa disebut dengan ketatnya persaingan produk. Para produsen berlomba - lomba dalam memajang iklan mereka guna merebut mata untuk para konsumen mereka.
Terlihat iklan disini mengedukasi dalam tata cara mencuci tangan. Tidak cukup mereka memasang billboard besar didaerah - daerah yang strategis kini didalam kamar mandi kita juga sering menjumpai sebuah iklanbaik untuk produk kesehatan maupun produk lainnya.
Lagi - lagi yang mempunyai alokasi dana untuk promosi besar pasti memenangkan posisi iklan yang bagus, karena saya yakin untuk mendapatkan tempat yang bagus pasti diperlukan biaya yang mahal. Sekarang coba hitung berapa banyak tempat iklan dalam sebuah mall ? wah sungguh banyak sekali profit sebuah mall.
Mengapa para produsen memilih mengeluarkan biaya banyak untuk sebuah posisi iklan yang bagus selain dapat dilihat oleh calon konsumennya, ada satu alasan kembali. sekarang para produsen mengejar Quantity pembaca dimana mereka ingin iklan mereka selalu dibaca berulang - ulang oleh konsumennya.
Jika Quanitity nya banyak maka akan membekas pada hati konsumen. Bayangkan sekarang jika kita ingin memakan sebuah mie instan maka kita akan menyebutnya memakan indomie, padahal belum tentu mie instan yang kita makan tersebut adalah Indomie.
Demikianlah cara - cara mereka menenangkan kompetisi sebuah iklan agar brand mereka masuk kehati konsumen sehingga akan menimbulkan reflek pada saat keadaan dimana dia dihadapkan oleh beberapa pilihan produk.
Jika Quanitity nya banyak maka akan membekas pada hati konsumen. Bayangkan sekarang jika kita ingin memakan sebuah mie instan maka kita akan menyebutnya memakan indomie, padahal belum tentu mie instan yang kita makan tersebut adalah Indomie.
Demikianlah cara - cara mereka menenangkan kompetisi sebuah iklan agar brand mereka masuk kehati konsumen sehingga akan menimbulkan reflek pada saat keadaan dimana dia dihadapkan oleh beberapa pilihan produk.
Karena saat sekarang tidak sedikit lagi yang konsumen yang mulai pintar, bukan sekedar harga murah saja namun sekarang menengah kebawah pun sudah sadar akan brand sebuah produk yang ingin mereka beli atau gunakan. Sudah muncul sebuah gengsi brand dalam pergaulan masyarakat sekalipun pada kelas menengah kebawah. Yah inilah kompetisi dalam melakukan kampanye marketing, bagaimana dengan anda ?
Salam kreatif untuk Indonesia.
@rie fabian
ow itu pas bgt masang materi iklannya
BalasHapusSaya pun sedang belajar promo yg bagus nih :)
mari sama - sama kita belajar om ....
BalasHapus