Iklan :

29 Mei 2011

Posisi Iklan Part II


Kini giliran Esia yang mencuri mata para konsumen dengan memajang 2 banner besar pada halaman yahoo indonesia.



Mau tahu seberapa efektif membuat iklan pada media online seperti pada situs berita terbesar di dunia ini ?

Mari kita berhitung secara angka - angka, Jika kita melihat google page rank untuk situs ini google memberikan nilai 9, dan jika kita lihat jumlah pengunjung pada website penyedia layanan kunjungan website ini, dikunjungi oleh orang dalam perharinya sebanyak kurang lebih mencapai angka 5 juta orang perhari, bisa dibayangkan. Dahulu kita bisa mengetik www.yahoo.com/mail. Sekarang kita tidak bisa mengakses alamat itu kembali.

Trik Yahoo merubah strategi alamat adalah guna menolong orang yang memasang iklan pada banner halaman utamanya. Jika kita bisa langsung mengetik alamat langsung menuju halaman login kita untuk mail maka jarang orang melihat iklan pada halaman utama.

Ini juga merupakan salah satu srategi marketing yahoo dalam menjual halaman utamanya. Loh apakah signifikan dengan benefit yang didapat ? sudah tentu jika menurut saya, Jika kita ambil 1/3 nya setiap hari terpengaruh oleh iklan banner dihalaman utama ini maka kita bisa bayangkan berapa jumlah konsumen Esia dalam waktu satu bulan ? (yah benar sekali banyak jawabnya).

Strategi memasang iklan banner pada website sudah dilakukan oleh penyedia layanan website. Evolusi iklan ini diperkenalkan oleh yahoo pada tahun 1999 an pada saat itu halaman yahoo sudah dipenuhi oleh iklan - iklan perusahaan besar. Jenis iklan pada media online ini ada dua jenis,

Jenis pertama adalah Iklan dengan gambar diam (Still Image) dan jenis yang kedua adalah Jenis gambar bergerak (animasi design). keduanya tidak mempengaruhi harga dalam memasang iklan di media online hanya saja kedua jenis ini mempunyai 2 kelebihan dan kekurangan.

Jika pada jenis gambar diam mempunyai keuntungan iklan yang disampaikan lebih fokus karena gambar itu tidak perlu berubah - ubah sedangkan pada animasi kita bisa lebih cepat mencuri pandangan mata konsumen.

Kita juga harus memikirkan dengan matang jika ingin memasang iklan pada media online ini. Disamping mahal (jika memasang pada website yang besar seperti detik.com, yahoo.com, dll) maka anda juga harus memikirkan keefisienan dari iklan tersebut.

Yang harus difikirkan target konsumen anda, yah apakah target anda sering beraktifitas didunia online, jika tidak kita hanya membuang - buang budget promosi saja dan ini sangat tidak efisien. Siapa sih yang jarang membuka website dijaman sekarang ini ? wah - wah jaman memang sudah canggih tapi untuk orang yang super sibuk mereka jarang berlama - lama berada didunia online.

Untuk mereka yang super sibuk mereka lebih mempercayai media koran dibanding dunia online. Lebih efisien mengejar mata mereka kepada media koran/cetak dibanding media online.

Itulah beberapa faktor dalam berpromosi yang harus dipertimbangkan sebagai contoh soal adalah media online yang sangat digemari para produsen untuk mengejar mata konsumen mereka. Mereka selalu menancapkan semua media untuk memberikan konsistensi dan eksistensinya.

Untuk kita yang masih minim biaya promosi tidak harus mengejar yang seperti ini, kita harus lebih jeli menggunakan media sebagai alat untuk promosi.

Semoga artikel saya ini bisa berguna untuk pembaca blog saya.
Salam kreatif dari saya,


@rie fabian.

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.