Iklan :

15 April 2011

Vandalism di Museum Fatahilah


Sudah lama Museum fatahillah merupakan saksi bisu sejarah berdirinya Batavia. Ini merupakan Icon yang terus dirawat oleh Pemerintah. Namun bagaimana dengan perbuatan yang merusak karya seni bangsa (Vandalism). dengan menyoret - nyoret mural tersebut menggunakan ballpoint. 


Disinilah kita kurang memahami arti dari sejarah dan maha karya yang dibuat beberapa tahun silam. Masih banyak perbuatan - perbuatan yang sangat tidak terpuji kepada sesuatu yang sangat amat berharga. Yang sangat membingungkan itu terdapat pagar dimana kita tidak bisa menempel pada dinding, namun ada saja guratan yang tidak bermanfaat yang bercampur dengan maha karya tersebut. 

Melihat bagian luar juga demikian. Untuk sesuatu yang mampu bercerita dimana pada zaman itu sejarah tertaruh pada bangunan - bangunan ini kita dengan asyiknya merusak dan melakukan pengotoran sejarah. Apakah ini kurangnya penghargaan dari nilai sejarah bangsa kita sendiri ? atau memang kesadaran generasi bangsa terhadap sejarah kita semakin berkurang.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengetahui sejarah bangsanya sendiri", mulai lupa sepertinya kita kepada slogan ini. Generasi muda kita sekarang lebih menghargai sejarah Superman, Batman dan super heroes lainnya dibandingkan dengan sejarah fatahilah dan Pahlawan - pahlawan yang lainnya.

Buat kita yang masih sadar budaya dan sejarah mari kita sama - sama mengingatkan bahwa semua maha karya kita ini memang harus dijaga dan dilestarikan agar generasi yang akan datang dapat terus mengetahui bagaimana sejarah bangsanya sendiri. Semoga artikel saya ini bisa bermanfaat setidaknya menyadarkan betapa pentingnya nilai sejarah dan budaya pada bangsa ini yang mulai pudar dan menghilang.


Salam Kreatif untuk bangsa Indonesia.




Arie fabian
Thanks for Yosua dblogger atas awarness nya kepada nilai dari lukisan yang menginspirasi saya untuk membuat tulisan ini, semoga ada yang memperhatikan kembali.

Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.