Iklan :

6 April 2011

4 Tips sebelum membuat design.


Membuat design harus menggunakan hati dan perasaan dalam membuatnya. Dalam bekerja biasanya graphic designer membutuhkan mood yang bagus dan banyak yang bermasalah dalam menaikan mood tersebut. Kita harus mengetahui dengan benar apa yang ingin kita buat dalam design, elemen apa yang akan dicampurkan kedalam design, pesan apa yang ingin disampaikan dan seperti apa target penikmat design kita tersebut. maka 4 hal tersebut saya coba bahas satu persatu sesuai dengan pengalaman saya (Jika ada yang salah berikan komentar yah).

1. Mengerti apa yang kau buat.

Mengerti apa yang sedang kita rencanakan dalam membuat design, maka sangat dibutuhkan perencanaan yang matang pula. Kita harus banyak membaca dan mengerti tentang produk atau layout yang ingin kita buat. Kalau perlu lihat refrensi, competitor dan trend yang sedang terjadi pada saat sekarang. Namun ingat jangan memaksakan bilamana itu memang tidak bisa berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

2. Elemen

Setelah kita sudah mengexplorer tentang apa design yang kita buat sekarang tentukan siapa artis yang ingin kita gunakan. Model terkenalkah (gambar yang bisa kita beli diwebsite penyedia gambar) atau model lain. Jika pada dunia peran kriteria model diangkat dari ratting dan pengaruh, untuk dunia grafis elemen bisa mempunyai banyak hal, contohnya : Ilustrasi, 3D modelling, Motion Grafis Picture, dll. Maka kita harus menajamkan instinc elemen apa yang diinginkan oleh client kita.

3. Pesan yang ingin disampaikan

Elemen tadi sangat berkesinambungan dengan pesan yang ingin disampaikan. Jika pada dunia peran artis luna maya dapat membawa pengaruh yang dalam bagi pengguna sabun ternama, lalu pada saat terkena kasus langsung diganti, ini menandakan artis / elemen sangat berpengaruh kepada pesan yang ingin disampaikan. Maka kita harus pintar - pintar menyampaikan pesan dengan gaya dan bahasa sesuai dengan target audience nantinya.

4. Siapa penikmat pesan Anda ?

Seperti tadi sang artis pada dunia peran sangat menentukan pula arah target audience anda. Pada bagian ini harus difikirkan masak - masak siapa yang ingin anda tuju. Jika anak muda gunakanlah elemen - elemen yang digemari anak muda dan bahasa - bahasa yang sedang tren dikalangan anak muda pada jamannya. Jika orang tua perbanyaklah visual dibanding kata - kata karena orang tua sudah terlalu banyak fokus tidak akan tertarik jika kita berikan visual yang terlalu banyak kata - kata kecuali dia membaca koran. Curilah perhatian mereka agar mereka mau melihat dan membaca pesan yang ingin kita sampaikan. Buat tali visual yang bisa membuat mereka tidak putus dalam melihat pesan yang ingin kita sampaikan dari a - z.

4 Tips tersebut saling berhubungan dan sangat penting dalam perencanaan pra design. Jangan melayout sebelum anda merencanakan karena akan banyak memakan waktu. Usahakan jika ingin membuat layout kita sudah punya draft kasar agar mempersingkat waktu pengerjaan. Menentukan Elemen, Pesan dan target audience merupakan hal bijak dalam membuat layout sebuah design. Gunakan sebuah headline yang menarik untuk mencuri perhatian si pembaca, gunakan elemen visual yang baik agar audience tidak salah persepsi dan yang paling penting coba terus menerus secara berkala sampai kita benar - benar bisa bergerak menggunakan instinc sehingga kita tahu apa yang dimaui oleh client.

Semoga tips saya ini dapat berguna untuk pembaca blog saya dan kembali lagi jika memang ada kekeurangan mohon diberi masukan pada kolom komentar saya.



Salam Kreatif, 


@rie fabian

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.