Iklan :

20 Maret 2011

Pelajaran dari PERTAMINA


Yang selama ini Pertamina berjalan melenggang kini Brand ini mempunyai teman seiring ber jalannya (competitor tepatnya). Lansung mengusung campagne - campagne dan mengatur strategi - strategi yang bisa memalingkan wajah kita kepadanya.


Sekilas saya melihat lucu, kini mereka membangun image brand sebagai perusahaan terlama pemerintah dalam mengurusi minyak bumi. Tak tanggung - tanggung dia langsung mengganti rupa (logo) untuk mengeksistensikan Brand mereka.

Beginilah sebuah persaingan didalam bisnis, dimana kita dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam membangun dan mengembangkan usaha yang kita miliki. Jangan cepat puas karena diluar sana banyak orang lain yang iri memlihat anda. Mereka mempelajari kinerja anda, meriset dan menganalisa lalu membuka usaha yang sama dengan anda dengan label dan inovasi terbaru dari mereka dengan melihat kekurangan anda.

Pada sessi ini kita dapat melihat sangat jelas bagaimana Pertama me rebuild kembali image mereka dari mulai logo sampai pelayanan mereka. Mereka langsung menggempur media elektronik (televisi, Internet, Billboard, dll) untuk menjaga eksistensi mereka.

Mereka langsung menganalisa kekurangan - kekurangan mereka dan segera menutupi dengan cepat. Jika dahulu kita sering mendengar bahwa Pom bensin penuh dengan intrik - intrik yang sering merugikan kita maka sekarang mereka campagne "pasti pas" nya dengan menjanjikan kepada anda tidak akan dirugikan kembali.

Inovasi inilah yang banyak kita lihat dan resapi sebagai pelajaran untuk kita bagi pembangun usaha. Kita bisa melihat perjalanannya Pertamina Paska Shell buka di Indonesia. memang saya bilang dia berhasil menjaga eksistensinya walau pasti mengurangi sedikit pelangganya berpindah ke Shell. Bahkan tidak tanggung - tanggung kini kita mempunyai pom bensin Petronas, dan banyak lagi. Ini membuat Pertamina menggeliat keras.

Banyak hal yang dapat kita pelajari secara gratis, namun terkadang kita tidak sadar akan pelajaran yang sedang melintas didepan mata kita. Tunggu review product saya yang lainnya kembali, semoga artikel saya bisa bermanfaat bagi anda semua.


Salam Kreatif,


@rie fabian 

Reaksi Tulisan :

2 comments:

  1. awak gak ikut2an ah dek soalnya gak pernah jadi pengamat pertamina :D

    BalasHapus
  2. wakakakakakakaka, ini cuma membahas eksistensi brand nya aja, kebetulan suyeknya aja pertamina karena terlihat jelas ....

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.