Iklan :

7 Oktober 2015

SMS Penipuan Part 2


Gue sudah sering sekali menuliskan beberapa artikel tentang penipuan dari SMS yang tidak sedikit juga memakan korban. Mereka (Para penipu) juga terus mengembangkan caranya mereka untuk meyakinkan beberapa calon korban mereka. Kali ini Gue berbicara tentang adanya informasi website yang diikut sertakan didalam kalimat yang dikirimkan pada sms ini. 


Setelah Gue mendengarkan beberapa cerita dari kawan-kawan Gue, ternyata banyak para saudaranya yang tertipu dengan modus penipuan sms yang berbunyi kurang lebih seperti gambar dibawah ini. 



Mereka melihat disana ada alamat websitenya dan mereka fikir isi dari sms ini valid dan memang benar adanya. Ketika sudah mengirimkan sejumlah uang, baru saja mereka sadar bahwa mereka telah tertipu. 

Dan ada yang lebih-lebih lagi, ketika suatu saat Gue mendengarkan cerita bahwa dia mendapatkan sms yang kurang lebih bunyinya seperti diatas dari Bank tertentu. Dalam SMS itu disebutkan bahwa dia menang undian menjadi nasabah yang terpilih pada salah satu Bank tersebut. Dan tanpa berfikir lagi maka dia melakukan konfirmasi lewat telpon yang disebutkan nomernya. Endingnya sih tetap, dia harus mengirimkan sejumlah uang dengan berbagai macam alasan. 

Lalu ketika sudah mengirimkan sejumlah uang tersebut, apa yang diharapkan tidak kunjung datang. Lalu dia mulai bertanya-tanya kepada sejumlah kawannya. Dia mengatakan bahwa itu sms resmi loh, ada alamat websitenya. Lalu ketika ditanya sama kawannya "memang lo nasabah Bank itu ?" 

Jawabannya tau gak apa ? 
Yes, bener, dia bilang "nggak". 

Lama-lama Gue mulai sepakat deh kayaknya dengan statement dari Mbah "tejo" dalam pembicaraan ted x di youtube. Bahwa mungkin benar kali yah, bahwa Kita memang diajarkan matematika dengan cara yang salah. Sehingga segala sesuatunya masih banyak yang berfikir dari sisi keuntungan saja. 

 
Atau memang buruknya kondisi perekonomian kita yang membuat banyaknya orang yang mulai menghilangkan logika dalam berfikir. Bukan nasabah suatu bank tersebut, dikirimin sms menang menjadi nasabah terbaik langsung percaya. 

Orang banyak yang berfikir dan semakin banyak berfikir bagaimana kalau dengan cara diam bisa menghasilkan uang. 




Terus terang gue sih gerah dengan kelakuan orang yang kreatif tapi salah jalan ini. Mereka menggunakan akal mereka hanya untuk melakukan penipuan, modal tidak besar, dan mendapatkan untung yang banyak. 

Gue sih mau memberikan sebuah tips aja niy untuk mengantisipasi model-model terbaru dari penipuan melalui SMS ini. 


Untuk Website.

Website yang valid itu dibelakanganya sudah pasti tidak ada embel-embelnya. Kalau Indosat yah contohnya langsung : www.Indosat.co.id. 

Kalau udah pakai blogspot, web, apalah, itu sudah pasti Anda sedang dimodusin kawan. Jangan percaya, bener deh jangan percaya, walaupun hadiahnya satu milyar sekalipun. Resmi domain itu sudah pasti menggunakan .co.id atau sekarang bisa juga langsung .id. 


Utamakan Logika 

Biasakan mengedepankan logika terlebih dahulu baru deh tergiur. Bukan nasabah tapi jadi nasabah terbaik, baru nabung satu hari dikatakan sebagai Nasabah Prioritas, dan sebagainya. Ada sebagian orang bilang kalau mereka (para penipu) melakukannya menggunakan Hipnotis. Gue sih gini aja niy, mereka baru kirim sms dan yang melakukan keputusan telpon mereka itu yang pasti kan orangnya. 

Setelah menelpon baru Anda dihipnotis itu beda cerita lagi, tapi proses mengambil keputusan itu untuk nelpon mereka itu pastinya bukan proses hipnotis, gue jamin. 

Kalau gue sendiri sih gak pernah gubris sama yang modelnya begituan. Dari mulai SMS sampai dengan Telpon. Gak jarang juga gue terima telpon dimodusin dengan cara yang yang beda-beda yang intinya gue dapat hadiah pokoknya. Intinya mending gue mengedepankan rasa tidak percaya dulu deh, bodo amat itu bener sekalipun. 

Kalau dalam fikiran gue, kalau itu bener sudah pasti mereka selalu berusaha untuk bisa keep contact gue, dan itu memang ada woro-woronya alias ada beritanya. Tiba-tiba menang undian hadiah mobil pada supermarket tertentu dan itu gak ada iklannya gimana bisa. Kok undian dilakukan sembunyi-sembunyi. 

Sugestiin aja diri lo bahwa diri lo gak bisa dihipnotis, yah Insya Allah sih selamat. Gue sih cuma modal itu doang. Dan yang paling terpenting gue itu gak pernah percaya sama yang namanya cari duit itu gampang. Work Hard Play Hard Man .... 

Semakin besar uang yang mau lo dapat harus semakin keras usaha yang lo kerjakan. Itu gue patenin didalam otak gue tuh. Bodo amat juga orang mau doktrin gue dengan bicara investasilah, main sahamlah, bla ... bla ... bla .... gue gak bakal percaya. 

Dengan begitu sih kita jadi kuat dan semakin kuat sama cara-cara yang melemahkan kita. Sehingga kita terbebas dari kata malas. Mau duit banyak tapi cuma tidur-tiduran, gak make sense kan ? 

Gimana menurut lo ? 




@rie fabian  -

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.