Iklan :

10 September 2011

Sejarah Asal Mula Spongebob


Siapa yang tidak kenal makhluk Spon yang tinggal di Bikini Bottom ini. Namun jika kita melihat kembali dari mana ide dasar makhluk Spon tersebut diciptakan, mari kita lihat kelanjutannya .... 

Bila kita melihat serial kartun ini selalu membawa nama Nickelodion sebelumnya. Ternyata memang Spongebob ini dipopulerkan oleh Nickelodion sendiri. Jika kita tahu spongebob pada saat-saat sekarang ternyata spongebob sudah dipopulerkan sejak tahun 1999.

Karakter Spongebob ini diciptakan oleh Stephen Hillenburg. Stephen Hillenburg ini adalah seorang animator dan ahli biologi laut, pantesan saja semua eksplorasi lautnya sangat dekat dengan kenyataan. Dan Spongebob ini diterbitkan oleh perusahaan beliau juga yaitu, United Plankton Picture Inc.

Di Indonesia Serial ini ditampilkan pertama kali oleh Lativi, masih ingat dengan Lativi ?, yah benar sekarang sudah menjadi TV One. Tapi sekarang hak siar Nickelodion ini sudah dibeli oelh Global TV. Makanya sekarang kita sudah tidak pernah melihat spongebob di TV One kembali. 

Ide Dasar Spongebob. 

Spongebob Squarepant adalah seekor Spon (lucu yah mendengarnya, seekor spon ?)  yang tinggal didalam rumah nanas didalam laut dikota Bikini Bottom. Spongebob mempunyai tetangga yang bernama Squidward yang diambil dari seekor gurita. Selain Squidward ada juga karakter dari Patrick Star, karakter yang diambil dari Bintang laut merah muda. 

Bikini Bottom terletak didalam lautan Pasifik, yang digambarkan sebagai kota biasa yang digambarkan memiliki, pusat kota, Pinggir kota, Lapangan terbang, dll. Stephen hilenburg mengatakan bahwa Bikini bottom adalah reka ulang kurang lebih dari kota Seattle, Washington (tapi kok gak mirip yah, kan kurang lebih katanya). 


Lalu bagaimana dengan Gary ? Oh, iya, Gary adalah binatang peliharaannya Spongebob. Gary adalah seekor siput yang mempunyai perbedaan dia mengeluarkan suara dengan cara "mengeong" seperti yang dilakukan oleh kucing. Karakter tambahannya adalah cacing tanah yang menggonggong seperti anjing dan ubur-ubur yang mempunyai bunyi seperti lebah. 

Spongebob diceritakan bekerja sebagai juru masak pada restoran krasty krab yang dimiliki oleh Eugene H.Krab (Mr.Krab). Sheldon J. Plankton merupakan musuh bebuyutan dari Mr.Krab.  Plankton memiliki Restoran yang barnama The Chum Bucket. 

Salah satu unggulan dari restoran Mr.Krab adalah makanan Krusty krab dan ini yang membuat Plankton ingin mencuri resep dari restorannya Mr.Krab. Konflik sering muncul pada bagian ini. Dan satu lagi karakter dalam spongebob adalah Sandy. 

Sandy adalah teman spongebob dari kota Texas. Sandy merupakan seekor Tupai yang dilengkapi dengan gelembung anti air untuk dia dapat bertahan didalam bikini bottom. Dia diantarkan ke air oleh majikan-majikannya seperti seekor Simpanse. 

Penduduk Bikini Bottom mengendarai Kapal seolah-olah mobil. Spongebob masih belajar mengendarai mobil. Dia sudah 1.000.006 kali gagal dalam usahanya membuat SIM. 

Kita bisa lihat dari satu cerita untuk animasi ini, cerita merupakan hasil observasi dari seorang yang memang ahli pada bidang Biologi. Hampir disetiap film animasi walaupun konyol, lucu, fantastis, namun semuanya selalu berusaha didekatkan dengan kenyataanya (logika). Seperti kita melihat gelembung air yang memberikan efek penilaian visual kita bahwa itu memang didalam laut.

Dan satu analogi-analogi binatang laut yang diambilnya, walaupun dengan ketidak mungkinan yang berada pada Gary dan Seekor spon tetap saja keadaannya dibuat senyata mungkin. Inilah dunia kreatif saat ini.  Dimana satu kreatifitas selalu ditunjang dengan visual yang logis. 



Salam kreatif, 



@rie fabian 



Sumber : 
http://www.indoforum.org/t95828/

3 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.